TAPANULI UTARA -Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara akan meningkatkan jenis komoditas pertanian pada pelaksanaan pasar lelang untuk menjaga stabilitas harga yang berpihak pada kesejahteraan petani. “Jenis komoditas pertanian pada pasar lelang harus ditambah. Bila sebelumnya, hanya cabai merah, nantinya bawang merah dan tomat juga akan memasuki pasar lelang,” terang Bupati Taput Nikson Nababan saat memimpin agenda rapat evaluasi pasar lelang pertanian di Tarutung, yang dikutip Minggu (16/10/2016).

Untuk tujuan tersebut, Nikson memerintahkan instansi terkait serta kelompok kerja yang menangani hal itu lebih bekerja keras agar manfaat pelaksanaan kegiatan langsung dapat dirasakan para petani.

“Penambahan jenis komoditas kita harapkan juga akan dibarengi dengan peningkatan sarana dan prasarana penyimpanan sementara hasil pertanian atau ‘cool storage’,” sebutnya ditengah rapat yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Taput.

Kepala Bagian Perekonomian, Fajar Gultom turut memaparkan alasan penambahan jenis komoditas di pasar lelang, yakni bawang merah dan tomat diproyeksi mampu meningkatkan kesejahteraan petani mengikuti keberhasilan lelang komoditas cabai merah yang mendapatkan apreasiasi hingga tingkat nasional.

“Tujuannya tentu saja agar para petani semakin sejahtera, juga menjadi poin penyemangat bagi setiap petani dalam menekuni profesinya,” terangnya.

Direncanakan, pelaksanaan pasar lelang bawang merah dan tomat akan dilakukan di pasar tradisional Siborongborong, yakni pasar yang terdekat dengan daerah sentra penghasil bawang merah, yakni Pulau Sibandang, dan Kecamatan Muara.

Rapat evaluasi yang dipimpin langsung oleh Bupati Nikson itu dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan Parsaoran Hutagalung, Kadis Pertanian dan Perkebunan Tonny Simangunsong, Kadis Pasar Alex Gultom , Kadis Perindagkop Rosdiana Manurung, Kepala BP4K SEY Pasaribu, Kepala Perusda Pertanian Suwanto, Kabag Ekon Fajar Gultom, serta Kelompok Kerja terkait lainnya.