JAKARTA - Tim AQUADNC Garuda Muda 2016 akhirnya keluar sebagai juara Grup E, Final Dunia Danone Nations Cup 2016, setelah mengalahkan Italia dengan 2-0 dan Afrika Selatan dengan skor akhir 1-0, serta menahan imbang Korea Selatan, 2-2. Dengan ini, Indonesia berhak melaju ke babak 16 besar di turnamen yang diakui FIFA sebagai Piala Dunia Sepak Bola U-12. Pada pertandingan pertama, melawan Italia, Indonesia kesulitan untuk menembus pertahanan Italia. Meskipun begitu, Tim AQUADNC Garuda Muda 2016 tidak menyerah dan Adriano, pemain bernomor punggung 10, menjadi pahlawan Indonesia dengan mencetak 2 gol di menit ke 9 dan 10. Skor akhir 2-0 untuk Indonesia.

Selang 3 jam kemudian, Indonesia menghadapi tim kuat lainnya, tim negeri ginseng, Korea Selatan. Gol cepat yang dicetak Korea Selatan di menit ke 1 dan ke 5 membuat Indonesia kewalahan. Kesabaran dari pemain-pemain Indonesia untuk terus mencoba menggempur gawang Korea Selatan membuahkan hasil di menit 7 dan menit 15 melaui gol yang dibuat oleh Gibran dan Rendi. Setelah kedudukan menjadi seimbang, pertandingan berjalan begitu alot, dan skor 2-2 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Pertandingan penyisihan grup terakhir adalah melawan Afrika Selatan yang memiliki stamina dan kecepatan yang baik. Gol cepat dibuat oleh Akbar, dan skor akhir 1-0.

Pahlawan Indonesia di pertandingan melawan Italia, Adriano, menyatakan, "Kami belajar banyak dari pertandingan-pertandingan hari ini. Kemampuan defensif Italia sangat bagus, Afrika Selatan sangat cepat, dan Korea Selatan tidak pernah berhenti bergerak sepanjang lapangan dan sepanjang pertandingan. Senang sekali karena kami tidak terkalahkan hari ini. Semoga pertandingan selanjutnya kami bisa bermain lebih bagus lagi."

Menyaksikan hasil baik yang diraup oleh Tim AQUADNC 2016, Jacksen F Tiago, angkat bicara, "Anak-anak luar biasa hari ini. Mereka menunjukkan apa yang seharusnya ditunjukkan di atas lapangan dan ya, ini merupakan hari yang baik untuk mereka semua".

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi runner up Grup F, Argentina, dalam putaran 16 besar. ***