KOTA PINANG - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mencanangkan kampung KB dalam mendorong keberhasilan program pemerintah.
"Ingin sejahtera, dua anak saja cukup," kata Bupati Labusel Wildan Aswan Tanjung, Kamis di Kotapinang dalam membuka kegiatan Bulan Bhakti Sosial TNI KB-Kesehatan dan Pencanangan Kampung KB 2016.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan, Kampung KB yang dicanangkan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memperkuat program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat.

Program tersebut dapat memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB. Dia berharap agar seluruh jajaran Pemkab Labusel dan masyarakat kembali menggalakkan program KB.

"Jika jumlah anak dalam satu keluarga terlalu banyak, maka akan sulit bagi orangtua dalam memenuhi hak-hak anak," ujar Wildan.

Dandim 02/09 LB,  Letkol. Inf. Berkim Sitompul mengatakan, KB-Kesehatan merupakan salah satu aspek yang memiliki hubungan signifikan dengan kesehatan. Menurutnya, pertumbuhan penduduk dapat menjadi suatu ancaman, jika tidak didukung. kesejahteraan.

"Kerja sama ini merupakan lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu oleh TNI dan BKKBN. Kami sangat peduli dengan kemajuan masyarakat di Kab. Labusel," katanya.

Sementara, Kepala BKKBN Provsu Temazaro Zega yang hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, pembentukan Kampung KB merupakan instruksi Presiden. Kegiatan ini merupakan pilot proyek yang bukan melulu mengenai KB, tetapi berbagai hal menyangkut kehidupan masyarakat.

"Nanti Kampung KB bukan lagi satu setiap kabupaten, tetapi satu per-kecamatan. Pada 2017 nanti kami akan siapkan dukungan Kampung KB di setiap kecamatan. Mudah-mudahan dapat terwujud," katanya.

Usai mencanangkan Dusun Asam Jawa Barat dan Dusun Teluk Pinang di Desa Asam Jawa, Kec. Torgamba sebagai Kampung KB 2016 Kab. Labusel. Bupati Wildan Aswan Tanjung bersama Dandim 0209 LB Letkol. Inf. Berkim Sitompul, Ketua DPRD Jabaluddin Dasopang, Wakil Bupati Kholil Jufri Harahap, dan Wakpolres Labuhanbatu Kompol Raysa SIK menyaksikan tetrikal kampanye KB yang dibawakan sekelompok siswa SMA dari Kec. Silangkitang.

Selain itu, juga dilaksanaakan pelayanan kontrasepsi (KB) dengan sistem operasi terhadap 113 ibu rumah tangga dari lima kecamatan se-Kab. Labusel.

Kegiatan Bulan Bhakti Sosial TNI KB-Kesehatan dilaksanakan sejak Mei hingga Oktober, yang meliputi pelayanan KB seperti MOP, implan, kondom, vasektomi, dan pelayanan KB operasi terhadap wanita, serta pencanangan Kampung KB yakni Dusun Asam Jawa Barat dan Dusun Teluk Pinang.