Beach Rowing Persembahkan Emas Pertama di Asian Beach Games Vietnam

Beach Rowing Persembahkan Emas Pertama di Asian Beach Games Vietnam
Peraih emas Indonesia di ABG V Thailand. (humas)
Rabu, 28 September 2016 20:43 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Cabang Olahraga Beach Rowing mempersembahkan medali emas pertama bagi kontingen Indonesia di Asian Beach Games V Da Nang ,Vietnam, Rabu (28/9/2016).

Informasi yang dihimpun dari kontingen Indonesia menyebutkan medali emas dari Beach Rowing itu dihasilkan Chelsea Carputy, atlit asal Maluku yang turun di nomor CW1x. Chelsea membuat catatan waktu 3 menit 40,90 detik. Sementara Thailand harus puas dengan Perak dengan catatan waktu 3 menit 58,607 detik.

Menurut  HPD Lomba 1 Satlak Prima Hadi Wihardja yang memantau langsung lomba, olahraga Beach Rowing berbeda dengan rowing yang biasa dipertandingkan di Olimpic Games.

"Di Beach Rowing ini peserta lomba didahului dengan berlari sejauh 50 meter dari darat ke laut  kemudian menggunakan perahu rowing berjarak 2 kali 300 meter dan kembali berlari ke tepian darat 50 meter ," ujarnya.

Ads
Menurut Hadi, tanda tanda Chelsea mampu memenangkan lomba di nomor ini sudah terlihat ketika ia tampil di semifinal. ”Di semifinal Chelsea mengalahkan Vietnam,” ujar mantan lifter itu.

Sementara itu, Manajer tim Rowing Budiman Setiawan mengemukakan, tidak menduga sebelumnya kalau Chelsea yang turun di nomor CWx1 ini mampu merebut emas. "Terus terang ini di luar dugaan kami karena nomor ini tidak diprediksi mengingat ada Thailand dan Vietnam yang sudah mempersiapkan diri cukup lama," katanya.

Indonesia masih brrpeluang menambah perolehan medali emas dari cabang beach rowing. "Peluang menambah emas masih terbuka karena masih empat nomor lagi yang dikuti Indonesia,” ujarnya.

Pimpinan rombongan Indonesia, Hellen Sarlita de Lima menyatakan rasa bangga atas raihan emas pertama dari Beach rowing ini. Apalagi, Chelsea mampu mengalahkan atlit Vietnam dan Thailand yang diunggulkan. "Saya bangga emas pertama dari beach rowing. Mudah-mudahan Lagu Indonesia Raya berkumandang lagi dari cabang olahraga lain," katanya.

Selain 1 medali emas, cabang Pencak Silat juga mempersembahkan 2 keping medali perunggu. Kedua medali perunggu itu dihasilkan Dino Bima Sulistianto di nomor tunggal puta dan pasangan Putra Haidir Agung Falatehan/Dede Setiadi di nomor ganda.

Di cabang Beach Sepaktakraw , Indonesia hanya meraih perunggu di nomor Men’s Trio. Langkah Tim Indonesia terhenti di semifinal setelah dikalahkan Tim Laos,15-21 dan 4-21. ***
Editor : Muslikhin Effendy
Kategori : Gonews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
www www