PADANG LAWAS - Bangunan Pasar Ujung Batu Sosa mulai direhab atau diperbaiki. Terlihat beberapa minggu terakhir ini, proses perbaikannya dimulai dari pembongkaran bagian gedung yang akan dibangun kembali.

Alokasi anggaran perbaikannya mencapai 1,3 dengan dua titik pusat perbaikan yang akan dilakukan pembongkaran. Bagunan pasar lama menjadi salah satu titik pembongkaran, yang sebelumnya hanya berupa lapak seadanya dengan lantai papan.

Dan satu titik lagi di lokasi baru, yaitu bekas kantor P dan K Kecamatan Sosa yang sudah lama tidak difungsikan lagi beberapa tahun terakhir. Bangunan yang terlihat masih kokoh ini sudah mulai dibongkar.

Plt Kadis Koperindag Palas Drs Dingin Rambe menyatakan, dari rencana awal pembangunan untuk dibuat pasar modern, akhirnya hanya dibuat bangunan pasar tradisional biasa saja.

"Karena tidak cukup dananya, bangunan yang sebelumnya sempat direncanakan dibuat lantai dua, juga akhirnya hanya satu lantai. Kita hanya menambah bangunan baru dan memperbaiki gedung lama,” ungkapnya kepada GoSumut Selasa (27/9/2016). 

Dijelaskan, pagu anggaran dengan total Rp 1,3 miliar, hanya bisa dilakukan dengan revitasi pasar seperti direncanakan ini. "Kalau dibangun dua lantai, dananya paling sedikit Rp 4 miliar,".

“Bangunan baru yang akan dikerjakan nanti, berupa 20 kios yang posisinya berjajar dua baris saling membelakangi. Kemudian, untuk renovasi di bangunan lama, juga akan ada 18 kios. Sebelumnya, bangunan lama yang dibongkar ini hanya berupa lantai papan dan atap seadanya.

Disisi lain, rehabilitasi bangunan pasar itu berdampak pada aktivitas pedagang di pasar, khususnya yang berada di rencana bangunan baru. Karena itu, tak sedikit pedagang yang merasa khawatir, tidak akan bisa berjualan lagi di lokasi yang ditempati saat ini.

"Saya merasa bingung, mau kemana lagi nanti berjualan," kata seorang Rosni ibu pedagang  sembari mengaku tidak bisa berbuat apa-apa, kecuali mencari lokasi lain. Sebab, posisinya berjualan sekarang ini, memang berada di lokasi yang akan dibongkar dan dibangun ulang.