Pemkab Palas Bersama Kemenkes Tanda Tangani Kerjasama Penguatan Yankes

Pemkab Palas Bersama Kemenkes Tanda Tangani Kerjasama Penguatan Yankes
Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap
Senin, 26 September 2016 23:50 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan
PADANG LAWAS - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) bersama Kementerian Kesehatan RI, senin (26/9/2016) melakukan penandatanganan kerjasama penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) di  Hotel Mercure Jaya Ancol Jakarta.Penandatanganan kesepakatan kedua belah pihak yang langsung ditandatangani Bupati Palas, Ali Sutan Harahap (TSO) adalah terkait penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer.

Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer.

Penguatan yankes primer mencakup tiga hal, masing-masing Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Ads
Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Bupati Palas, Ali Sutan Harahap ketika dihubungi via telepon seluler mengatakan, melalui kerjasama dan kesepakatan antara Pemkab Palas dan Kementerian Kesehatan  diharapkan berbagai  pelayanan kesehatan bisa terus ditingkatkan.

Karena penguatan pelayanan Kesehatan Primer kata Leli Ramayulis  adalah, garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan).

Sedangkan tujuan Program Nusantara Sehat  adalah untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan  akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK.

“Selain itu  juga mempunyai  tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakkan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK,”ungkapnya.

Program Nusantara Sehat melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim,  dilakukan berdasarkan hasil kajian terhadap distribusi tenaga kesehatan  yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2012.

Selain itu, Bupati Palas juga mengatakan program ini merupakan program lintas unit utama di Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita.

Editor : Arif
Kategori : Padang Lawas, Gonews Group, Pemerintahan, Umum
www www