Home >  Berita >  Peristiwa
'Riau Emas' PON XIX Jawa Barat 2016

Sempat Ricuh, Akhirnya Dinyatakan Juara Bersama dengan Tuan Rumah, Senam Riau Raih Satu Medali Emas

Sempat Ricuh, Akhirnya Dinyatakan Juara Bersama dengan Tuan Rumah, Senam Riau Raih Satu Medali Emas
Ilustrasi medali. (net)
Jum'at, 23 September 2016 11:49 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
BANDUNG - Pertandingan final cabor Senam Artistik, yang diselenggarakan pada Kamis (22/9/2016) di nomor perorangan, sempat terjadi kekisruhan. Dimana Riau sempat melakukan protes dengan keputusan wasit.

Namun setelah proses perdebatan, atlet senam Riau M Afrizal akhirnya mendapat medali emas, meskipun tuan rumah juga dinyatakan meraih emas.

"Kita dinyatakan juara bersama. Harusnya medali emas itu milik Riau, tapi ya sudahlah memang begitu keputusannya kita terima, yang penting emas kita tak lepas begitu saja. Dari awal memang target kita di Senam 1 emas," ujar Ketua KONI Riau Emrizal Pakis kepada GoRiau.com (GoNews Group), Jumat (23/09/2016).

Secara keseluruhan, Riau meraih 4 medali di cabor Senam masing-masing dari Agung Sucitantio Akbar dan Afrizal serta Doni Pratama berhasil meraih medali 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Ads
Medali emas kata Pelatih Senam Riau Ahmad Markos, diraih M Afrizal di alat gelang-gelang.

"Untuk alat gelang-gelang awalnya M Afrizal dinyatakan meraih perak walaupun tanpa kesalahan. Tapi setelah diprotes akhirnya Afrizal dinyatakan meraih emas," ujar Markos.

Sedangkan 2 perak diraih oleh Agung Sucianto dialat kuda plana. Agung Sucianto juga meraih perak di alat palang tunggal. Selanjutnya 1 perunggu diraih Doni Pratama yang turun di senam lantai. Jadi total perolehan medali Riau jelas Markos, 1 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Emas diraih oleh M Afrizal, 4 perak diraih dinomor beregu dan 3 diraih oleh Agung pada alat serba bisa, kuda plana dan palang tunggal. 1 perunggu diraih oleh Doni Pratama di senam lantai. ***
www www