Home >  Berita >  Umum

Pemkab Palas Sosialisasi Penanganan Pasca Bencana

Pemkab Palas Sosialisasi Penanganan Pasca Bencana
Kepala BPBD Palas Palas M Irwan Baginda membacakan laporan.
Rabu, 21 September 2016 18:13 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan

PADANG LAWAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palas mensosialisasikan penanganan pasca bencana.

Kegiatan berlangsung Rabu (21/9/2016) di Aula Hotel Barumun Sibuhuan dengan melibatkan 60 orang  peserta pelatihan yang merupakan utusan dari PNS, tenaga suka rela, dan masyarakat umum.

Narasumber berasal dari BPBD Provinsi Sumut masing-masing Ir H Adam B Nasution selaku Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Sumut, dan dua stafnya, yakni Bintang Hartini Nataria dan Sofian.

“Peserta akan mendapatkan pengetahuan yang cukup dari pelaksanaan kegiatan tersebut, dan khususnya dalam penangangan pasca bencana. Dengan begitu, dampak yang ditimbulkan dari bencana bisa diminimalisir,”kata Kepala BPBD Palas Palas M Irwan Baginda.  

Ads
Saat itu kata Irwan, peserta memperoleh penjelasan tentang langkah dan cara yang bisa dilakukan agar lebih tanggap dan tangguh dalam penanggulangan bencana. Dengan begitu, apabila bencana datang, dapat diminimalisir dampaknya serta cepat dalam masa pemulihan.

Sambutan Bupati Palas Ali Sutan Harahap yang dibacakan Plt Sekda Palas Syamsul Anwar  mengatakan, bencana sosial merupakan bagian dari kehidupan manusia yang datang tanpa diduga kapan, di mana, dan bagaimana terjadinya. oleh karena ketidakpastian tersebut, banyak pihak yang kurang peduli dan tidak pernah menyiapkan diri menghadapi pasca bencana datang.

Selain itu, Sekda menilai, pendidikan dan pengetahuan warga mengenai bencana alam sangat kurang dan tidak mengenal apalagi sampai memahami dan menjalankan prinsip - prinsip manajemen bencana penerapan manajemen bencana secara terorganisir dengan baik.

oleh karena itu, kegiatan sosialisasi dan pelatihan terhadap korban pasca bencana tersebut sangat diperlukan. Bahkan, merupakan momentum yang tepat sebagai antisipasi terhadap potensi bencana yang bisa saja terjadi dan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas petugas dalam mengindentifikasi gejala psikososial korban bencana sebagai dasar pengkajian kebutuhan pasca bencana.

"Saya menyambut positif kegiatan ini sekaligus berpesan dalam upaya  penanggulangan  bencana  memerlukan kerjasama dan partisipasi aktif dari semua pihak," papar Sekda.

Editor : Arif
Kategori : Umum, Pemerintahan, Gonews Group, Padang Lawas
www www