Wonderful Indonesia 2016

Pesona Kuliner Indonesia 'Menggoda Lidah Orang Se-Dunia' di Asian Food Channel, Chef Marinka Masak Asam Padeh Baung

Pesona Kuliner Indonesia Menggoda Lidah Orang Se-Dunia di Asian Food Channel, Chef Marinka Masak Asam Padeh Baung
Chef Marinka. (istimewa)
Rabu, 31 Agustus 2016 14:57 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Di Asian Food Channel, yang ditayangkan pada pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta, Padang dan Riau dipamerkan Chef Marinka.

Keunikan dan kenikmatan cita rasa nusantara benar-benar diperkenalkan kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.

Tentu, ada commercial value di jaringan Asian Food Channel yang tersebar ke sejumlah negara itu. Dari mulai Singapura, Malaysia, Hongkong, Filipina, Indonesia, Jepang, Korea, Australia, Selandia Baru hingga Inggris Raya, sudah menjadikan Asian Food Channel sebagai channel rujukan bagi pecinta kuliner.

"Dan negara-negara itu adalah target market inbound ke Wonderful Indonesia,” jelas Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Ads
Harus diakui, Thailand sukses menjadikan kuliner sebagai alat promosi yang efektif, sehingga saat ini ribuan restoran Thailand mendunia dengan makanan khasnya seperti Tom Yam, Pat-thai dan lainnya. "Kita juga banyak jenis kuliner yang juga mendunia. Seperti Sate, nasi goreng dan bakso sudah dipromosikan oleh Presiden Amerika Barack Obama. Lalu rendang pernah menjadi masakan paling lezat versi CNN Internasional. Kuliner kita akan terus kami dorong agar menjadi kekuatan Pariwisata nasional,” kata Arief Yahya.

Dengan judul Wonderful Indonesia Flavours 2, acara ini memang menjadi bagian promosi Indonesia ke mata dunia. Tayangannya dijamin istimewa. Dimana koki yang sudah berkeliling Indonesia. Rinrin Marinka menjadi chef dari Indonesia yang memperkenalkan kuliner khas Indonesia ke Tobie Puttock, chef asal Australia.

β€œIni adalah musim kedua Asian Food Channel memperkenalkan kuliner Indonesia. Di musim kedua, akan ada satu episode yang menunjukkan Chef Tobie dan saya melakukan perjalanan di kampung halaman saya, yakni Jakarta. Nanti akan ada tayangan modern dan tradisional,” ujar Chef Rinrin.

Pada tayangan yang disiarkan ulang oleh Asian Food Channel, Chef Marinka mengulas kelezatan kuliner Bali, Lombok, Yogyakarta dan Padang serta Riau. Dan yang pertama ditayangkan adalah kuliner dari Padang. Sudah tentu, nasi Padang, rendang sapi dan gulai ikan karang masuk dalam daftar makanannya.

Dan diujung acara, Chef Marinka juga memerkan masakan khas Riau, yakni Gulai Asam Pedas Baung. Atau yang orang melayu bilang "Gulai Asam Padeh". Menu makanan yang diolah dari bahan dasar ikan Baung ini selain di Riau juga terdapat diberbagai wilayah di Sumatera. (*/dnl)
www www