Komisi I DPR RI Dukung Budi Gunawan Sebagai Kepala BIN

Komisi I DPR RI Dukung Budi Gunawan Sebagai Kepala BIN
Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin. (GoNews)
Selasa, 23 Agustus 2016 12:04 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Wacana pencalonan Wakapolri Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) yang akan mengantikan Kepala BIN, Sutiyoso masih teka teki, namun ada sinyal kuat dari Komisi I DPR RI yang akan mendukung BG.

Menanggapi pencalonan Budi Gunawan tersebut, Wakil Ketua Komisi I, TB. Hasanudin mengatakan, pria yang akrab disapa BG tersebut cocok sebab sebagai Wakapolri tahu dan memahami masalah inteligen.

"Kalau kami melihatnya karena jabatan beliau adalah wakapolri, masalah- masalah intelijen, masalah-masalah jaringan, jaringan penyelesaian masalah intelijen beliau memahami," ujar Hasanudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/8/2016).

Meski demikian Kader PDIP ini mengatakan, siapa pun yang mencalonkan kepala BIN harus melakukan uji kelayakan.

Ads
"Saya belum dapat informasi apakah di situ beliau atau yang lain, tetapi siapapun kami akan melakukan uji kelayakan dan nanti hasilnya kami berikan pertimbangan-pertimbangan kepada beliau," jelasnya.

Saat ditanya terkait urgensitas pergantian kepala BIN tersebut, Hasanudin menyerahkan sepenuhnya pada hak prerogatif Presiden.

"Soal urgensi atau tidak, kita serahkan hak preogratif Presiden Joko Widodo. Soal surat pergantian bin sendiri, secara resmi kami pimpinan di Komisi I belum mendapatkan informasi dari ketua DPR tentang surat tersebut," ujarnya.

"Jadi sampai hari ini kami belum dapat informasi. Saya tidak tahu apakah nanti dalam paripurna ini akan ada dibacakan surat tersebut," pungkasnya. (***)
www www