MEDAN - Sekitar 5.000 pelari akan mengikuti lomba marathon Medan 10-K dan 5-K yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71 dan Hari Jadi Kota Medan ke-426 di Lapangan Merdeka Medan, Minggu, (14/8/2016).
"Lari jarak jauh berlevel nasional yang pertama kali digelar di Kota Medan ini akan dilepas langsung Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo," kata Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Medan, Jumat (12/8/2016) kemarin.

Disamping menyediakan hadiah total Rp140 juta, even tersebut juga akan menyediakan empat unit sepeda motor, yakni dua unit untuk pemenang lomba 5-K, sedangkan dua unit lagi untuk pemenang 10-K.

Selain Marathon Medan 5-K dan 10-K, Gebyar Kemerdekaan itu juga akan digelar berbagai acara lainnya seperti fun bike bersama Mendagri, Car Free Day, senam bersama, donor darah serta pemeriksaan kesehatan gratis, seperti jantung, gigi, dan telinga.

Selain itu, Pemkot Medan juga akan menyediakan sarapan pagi secara gratis untuk 17.000 warga yang hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan serta memberikan hadiah menarik melalui lucky draw bagi yang beruntung.

Warga juga akan dihibur oleh Nidji Band, salah satu band papan atas Indonesia. Tak ketinggalan aksi komunitas seperti BMX, sepeda ontel, juggling bola serta skateboard. "Juga ada penandatanganan spanduk `Bebas Narkoba` yang dipelopori Mendagri, serta perlombaan mewarnai yang akan diikuti anak-anak PAUD," katanya.