Home >  Berita >  Umum

Sukseskan Acara Gebyar Kemerdekaan, Sejumlah Ruas Jalan di Medan Ditutup

Sukseskan Acara Gebyar Kemerdekaan, Sejumlah Ruas Jalan di Medan Ditutup
Ilustrasi
Jum'at, 12 Agustus 2016 14:57 WIB
Penulis: Adi Wasgo
MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Perhubungan Kota Medan akan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Medan, pada Minggu (14/8/2016). Penutupan ruas jalan ini direncanakan mulai pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB, guna mendukung kelancaran dan suksesnya  pelaksanaan Gebyar Kemerdekaan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekan RI ke-71  sekaligus Hari Jadi Kota Medan ke-426 .
Selain menggelar lomba lari marathon berlevel nasional Medan 5 dan 10 K, Gebyar Kemerdekaan juga diisi dengan Car Free Day, senam massal, sepeda santai (fun bike) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo SH beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan.  Kemudian donor darah, serta pemeriksaan jantung dan gigi gratis.

Adapun ruas jalan yang ditutup itu, jelas Renward,  Jalan Raden Saleh, mulai Simpang Jalan Imam Bonjol (Tugu Sister City), Jalan Ahmad Yani, mulai Simpang Jalan Palang Merah, Jalan Perniagaan (mulai Jalan Palang Merah) dan Jalan Pulau Penang (mulai Stasiun Kereta Api). “Jika ingin melintasi kawasan itu harus di bawah pukul 06.00 WIB,”  jelasnya.

Selain penutupan sejumlah ruas jalan, Renward  juga mengaku melakukan pengalihan arus lalu-lintas. yakni arus lalu lintas dari arah selatan menuju utara yang selama ini melalui Jalan Ahmad Yani/Jalan Balai kota dialihkan melalui Jalan Brigjen Katamso-Jalan Pemuda-Jalan Palang Merah-Jalan MT Haryono-Jalan Irian Barat dan seterusnya ke utara.

Kemudian arus lalu lintas dari arah timur ke barat yang selama ini melalui Jalan HM Yamin-Jalan Stasiun Kereta Api-Jalan Pulau Penang dialihkan melalui Jalan Stasiun Kereta Api-Jalan Gwangju-Jalan Ahmad Yani-Jalan Perdana dan seterusnya.

“Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada warga Kota Medan atas penutupan ruas jalan dan pengalihan arus lalu lintas sehingga mengganggu kenyamanan. Untuk itu saya menyarankan kepada warga untuk mencari jalan alternative sebagai solusinya. Insya allah jalan bisa dilalui seperti biasanya di atas pukul 11.00 WIB,” ungkapnya.

Selanjutnya kepada warga yang ingin menghadiri Gebyar Kemerdekaan, Renward menyatakan pihaknya telah menyediakan sejumlah lokasi untuk parkir kenderaan bermotor baik roda dua maupun empat. Sebab,  tak satu pun kenderaan bermotor yang diperbolehkan mendekati lokasi acara. Selain mendukung kelancaraan kegiatan, Gebyar Kemerdekaan juga dirangkaikan dengan Car Free Day sehingga harus bebas emisi gas.

Untuk kenderaan yang datang dari arah Jalan Pangeran Diponegoro dan Jalan Gatot Subroto, Renward mengatakan lokasi parkirnya di sekitar Wisma Benteng, Kantor Wali kota Medan, DPRD Medan, DPRD Sumut dan Lapangan Benteng. Selanjutnya kenderaan yang datang dari arah selatan (Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Pemuda), lokasi parkirnya di kawasan Pajak Ikan Lama.

“Sedangkan kenderaan yang datang dari arah timur, lokasi parkirnya di Jalan HM Yamin mulai dari Simpang Merak Jingga sampai Jalan Balai Kota, serta taman parkir di sisi timur Lapangan merdeka (seberang Stasiun Kereta Api),”  jelasnya.
Ads
Editor : Arif
Kategori : Umum, Peristiwa, Gonews Group, Medan
www www