Home >  Berita >  Medan

Pengamat: Reshuffle Jilid II karena 'Kongkalikong' Golkar dan PAN

Pengamat: Reshuffle Jilid II karena Kongkalikong Golkar dan PAN
Ilustrasi
Kamis, 28 Juli 2016 10:04 WIB
Penulis: Yusuf Ahmad
MEDAN - Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Indra Prasetia, mengungkapkan, jika partai Golkar dan PAN sukses dalam permainan reshuffle kabinet.
"Ini jelas kali tekanannya, sentuhan dan permainan jurus politik Golkar dan PAN sangat terasa dalam reshuffle jilid II ini. Penunjukkan Airlangga Hartarto (Golkar) sebagai menteri perindustrian dan Asman Abnur (PAN) sebagai menteri PAN dan Reformasi Birokrasi," terangnya, Kamis (28/7/2016).

Lebih lanjut Indra mengaku, tangan-tangan penguasa parpol ikut berperan menekan pemerintah sehingga reshuffle jilid II ini terjadi. Sehingga tekanan politik terhadap Presiden Jokowi sangat signifikan dalam reshuffle.

"Kita tidak persoalkan siapa yang diganti atau siapa yang digeser posisinya. Yang jelas  reshuffle ini tidak terlepas desain kepentingan politik, Jokowi tidak bisa mengelak,” tegasnya.

Idealnya perombakan kabinet itu sebaiknya tidak dilakukan karena dorongan kepentingan politik semata, tetapi betul-betul dipertimbangkan berdasarkan objektivitas penilaian kinerja kementerian.

Ads
Editor : Arif
Kategori : Medan, Gonews Group, Politik
www www