Dinkes Palas Mulai Melayani Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Calon Haji

Dinkes Palas Mulai Melayani Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Calon Haji
Panitia pemeriksaan Medis yang ditugaskan Dinkes, menerima pendaftaran JHC yang akan menjalni pemeriksaan kesehatan tahap dua, Selasa (26/7/2016). [Sufriady Halomoan]
Selasa, 26 Juli 2016 19:28 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan
PADANG LAWAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten padang Lawas (Palas) mulai melakukan pemeriksaan kesehatan kedua untuk 443 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Palas.Pemeriksaan kesehatan tahap dua dilaksanakan di Aula Laboratorium Dinas Kesehatan (Dinkes) Palas, Selasa ( 26/7/2016). Prosesi pemeriksaan diawali dengan pendaftaran nama JCH dan selanjutnya menjalani pemeriksaan medis oleh Tim dokter Dinkes serta pemeriksaan dilaboraturium terkait test urine bagi ibu yang hamil dan pemeriksaan gula dan vaksinasi meningitis (pencegahan radang selaput otak.

Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis didampingi Sekretaris dr Ummi Sahara Matondang dan Ketua Panitia pemeriksaan kesehatan Haji Iskandar Zulkarnain menyatakan, pemeriksaan kesehatan bagi calhaj berlangsung selama empat hari dimulai, Selasa (26-29/7/2016).

"Setiap JCH  diperiksa kesehatannya mulai dari gangauan otak serta lainnya, agar dapat diketahui secara pasti penyakit yang diderita. Sehingga dapat diberikan obat untuk mengatisipasi ganguan kesehatan yang diderita," kata Leli.

Sedangkan untuk jadwal pemeriksaan hari ini, dikhususnya kepada JCH yang berasal dari kecamatan Lubuk barumun dan Barumun yang jumlahnya sebanyak 103 orang. Selanjutnya, Rabu ( 27/7/2016)  untuk Kecamatan Sosa, Barumun Selatan (Barsel), Sosopan dan Barumun Tengah, seterusnya Kecamatan  Hutarajatinggi,  Aek Nabara Barumun, Huristak dan  Sihapas Barumun yang jumlahnya mencapai 340 orang JCH, terang Leli dan Iskandar

"Setiap JCH secara satu persatu, diperiksa kesehatan terkait gangauan radang otak dan penyakit gula serta urine, agar dapat dipastikan penyakit yang dideriata setiap calhaj, untuk dapat diberikan pengobatan secara intensif, agar ketika berangkat menunaikan iobadah haji nantyinya , faktor kesehatan telah terjamin," pungkas Iskandar selaku Ketua Panitia Pemeriksaan Kesehatan JCH.

Ads
Editor : Arif
Kategori : Pemerintahan, Gonews Group, Padang Lawas
www www