Home >  Berita >  Umum

Tak Sesuai Janji, Pelanggan Keluhkan Jaringan Smartfren yang Makin 'Lemot'

Tak Sesuai Janji, Pelanggan Keluhkan Jaringan Smartfren yang Makin Lemot
Ilustrasi.
Kamis, 21 Juli 2016 20:18 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Jika smartfren yang anda miliki mengalami lelet atau lambat, sebenarnya ini sudah bukan hal baru lagi. Karena sudah tak asing jika saat ini banyak lontaran keluhan khususnya untuk pengguna Facebook atau Twitter dimana internet smartfren yang dipakainya menjadi lambat atau lelet.

Beberapa pelanggan Smartfren yang menggunakan produk Andrmoax R dan Mifi baik M2S dan M2Y terhitung sejak beberapa minggu terakhir memang dibuat kesal dengan leletnya jaringan telekonukasi berbasis CDMA ini.

Yudhi, pelanggan Smartfren di Wilayah Jakarta Selatan, kepada GoNews.co mengatakan, selain lemot alias lelet, Smartfren juga dianggap tak sesuai janji. Bahkan iklan bye-bye kuota dengan memberikan paket Unlimited Rp75 ribu satu bulan, juga sudah ditiadakan. "Sebelumnya kita akui, Smartfren memang diatas rata-rata kecepatanya, tapi sejak lebaran ini benar-benar lelet," ungkapnya, Kamis (21/07/2016).

Hal senada juga diungkapkan Jeremia, salah satu pelanggan yang menggunakan Andromax R2 di Kota Pekanbaru Riau. "Kadang lancar, kadang juga hilang signalnya, sejak seminggu terakhir memang lemot," tukasnya.

Ads
Operator Seluler yang telah meluncurkan perangkat smartphone pada awal tahun 2014 ini memang mengakui bahwa belakangan ini jaringan mereka sering mengalami eror.

Lantas apa saja penyebab dari Jaringan eror atau bisa membuat internet lelet tersebut? Menurut salah satu karyawan Galery Smartfren di Kawasan ITC Fatmawati Jakarta Selatan menjelaskan, penyebab Internet Smartfren lambat atau lelet ada beberapa faktor, diantaranya dengan adanya trafik yang melonjak drastis dilokasi tertentu. Dengan banyaknya pemakai jaringan disuatu tempat tersebut, maka trafik yang tinggi ini tak bisa begitu saja dialihkan pada tute lain dan imbasnya pada kecepatan internet yang melambat.

Kemudian Penyebab Internet Smartfren Lambat atau Lelet lainya yaitu dengan cuaca yang kurang mendukung, dimana pada saat mendung atau hujan maka internet tersebut akan menjadi lelet.

Menurutnya, jangan berlebih-lebihan, maksudnya ialah jika anda mendaftar paket internet unlimited dan anda memakainya tanpa henti. Maka pihak Smartfren tidak akan segan-segan untuk menurunkan kecepatan tersebut. Oleh karena itu, gunakanlah dengan wajar.

Lokasi Tower BTS juga sangat berpengaruh dengan signal yang ditangkapnya, dimana jika lokasi tersebut jauh maka signal akan melemah dan koneksi internet juga ikut menurun. Oleh sebab itu pastikan bahwa anda menggunakan provider Smartfren yang dekat dengan lokasi Tower BTS.

Jika anda memanfaatkan modem smartfren untuk berselancar didunia maya, dan internet tiba-tiba menjadi lelet atau lambat. Biasanya modem tersebut sudah terkena masalah seperti panas dan rusak. Karena hal ini akan membuat signal terganggu.

Nah, itulah informasi Penyebab Internet Smartfren yang terasa lambat atau lelet. Namun demikian, apapun alasan pihak Smartfren, para pelanggan meminta agar Sinarmas Telekom segera mencari solusinya.

Hal itu diungkapkan pengamat telekomunikasi Andrian Hardi. "Pelanggan itu membeli produk karena berbagai alasan, salah satunya adalah fasilitas yang diberikan. Kalau memang saat ini pelanggan smartfren mengeluh, pihak perusahaan harusnya mencarikan solusi, bukan hanya menjelaskan penyebabnya. Karena pelanggan taunya adalah jaringan bagus, karena itulah mereka mau memakai dan membeli produk Smartfren," pungkasnya. (***)
Kategori : Umum
www www