Ayo Indonesia Bisa!

Kontingen Olimpiade Rio de Jeneiro Indonesia Diperkuat 28 Atlet

Kontingen Olimpiade Rio de Jeneiro  Indonesia Diperkuat 28 Atlet
Logo Olimpiade Rio de Jeneiro. (net)
Kamis, 14 Juli 2016 14:39 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Kontingen Olimpiade Indonesia akan diperkuat 28 atlet yang akan tampil pada Olimpiade Rio de Jeneiro, Brasil, 5-21 Agustus 2016. Rinciannya, atletik (2), angkat besi (7), panahan (4), bulutangkis (10), rowing (2), balap sepeda (1) dan renang (2).

Dari jumlah tersebut sebanyak 25 atlet yang lolos dari babak kualifikasi Olimpiade sedangkan 3 atlet lainnya tampil dengan fasilitas wild card yakni 1 (atletik) dan 2 renang.

Wakil Ketua I Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Lukman Niode di Jakarta, Kamis (14/7) mengatakan, jumlah atlet yang lolos itu telah sesuai target awal Satlak Prima dimana jumlah atlet yang lolos melebih Olimpiade lalu.

Pada Olimpiade London 2012, Indonesia diperkuat 22 atlet terdiri dari 19 atlet lolos melalui babak kualifikasi dan 3 atlet dengan fasilitas wild card. Hasilnya, Indonesia gagal mempertahankan tradisi medali emas dan hanya meraih satu perak dan satu perunggu melalui lifter Triyatno dan Eko Yuli Irawan.

Ads
"Target awal Satlak Prima sudah terpenuhi. Kini, kita berharap target mengembalikan tradisi medali emas di Olimpiade Rio de Jeneiro bisa terwujud," kata Lukman Niode yang juga mantan perenang Olimpiade.

Menurut Lukman Niode, fasilitas wild card untuk atletik dan renang harus dimanfaatkan. "Fasilitas wild card yang diberikan harus dimanfaatkan. Biasanya, atlet yang mendapatkan wild card ditentukan organisasi internasionalnya. Kalau atletik ditentukan IAAF dan renang ditentukan FINA," kata Lukman.

Sebelumnya, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung mengatakan pihaknya akan mengajukan nama sprinter Sudirman Hadi untuk tampil di Olimpiade Rio de Jeneiro 2016. Hal ini terkait dengan kegagalan pelari Marathon, Agus Prayogo memenuhi limit Olimpiade pada Gold Coast Marathon 2016 di Australia, 3 Juli 2016. 

"Kami melihat Sudirman ini masih muda, cukup bagus, catatan waktu larinya juga bagus 10,47 detik. Karenanya, kami kirim supaya dia mendapat pengalaman yang banyak. Jadi walau tidak dapat medali kali ini, satu atau dua tahun lagi dia bisa beranjak," kataTigor.

Berikut Nama Atlet Yang Lolos Kualifikasi Olimpiade Rio de Jeneiro 2016.

I. BULUTANGKIS

Tunggal Putra 1. Tommy Sugiarto

Ganda Putra

2-3. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Tunggal Putri.

4. Lindaweni Fanetri

Ganda Putri.

5-6. Nitya Krishinda Maheswari /Greysia Polii

Ganda Campuran.

7-8. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir 9-10. Praveen Jordan/Debby Susanto

ATLETIK . Lompat Jauh Putri 11. Maria Nathalia Londa

PANAHAN Recurve Putra 12. Riau Ega Agatha Recurve Putri 13. Ika Yuliana Team Recurve Putra 14. Muhammad Hanif Wijaya 15. Hendra Purnama.

ROWING

16. Memo (M 1X Putra) 17. Dewi Yuliawati (W 1X Putri)

ANGKAT BESI.

18. Surohmad (56kg) 19. EKo Yuli Irawan (62kg) 20. M Hasbi (62kg) 21. I Ktut Ariana (69kg) 22. Triyatno (69kg) 23. Sri Wahyuni (48kg) 24. Dewi Safitri (53kg)

Balap Sepeda

25. Toni Syarifudin (BMX) (***)
Editor : Muslikhin Effendy
Kategori : Gonews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
www www