Home >  Berita >  Umum

Gubernur Sumut: Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pemudik

Gubernur Sumut: Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pemudik
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi didampingi Kepala Polda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarno melakukan simulasi di pintu masuk elektronik menggunakan sandi barcode, saat meninjau kesiapan angkutan mudik Lebaran di Bandara KNIA, Jumat (1/7/2016).
Sabtu, 02 Juli 2016 15:04 WIB
Penulis: James Aries

MEDAN – Gubenur Sumatera Utara (Sumut) H Tengku Erry Nuradi meminta seluruh penyedia layanan transportasi di Sumut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama pemudik. Hal itu diungkapkannya usai melakukan peninjauan ke Pelabuhan Belawan, Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) dan Stasiun Kereta Api Bandara KNIA, Jumat (1/7/2016) kemarin.

“Seperti di Pelabuhan Bandar Deli ini sangat jauh berbeda dari tahun lalu. Sudah bagus dan modern dengan sistem elektronik. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita masyarakat Sumut,” ujar Erry.

Dari pantauannya, Erry mengatakan, peningkatan arus mudik mulai terlihat di pelabuhan Belawan. Dimana jumlah penumpang yang tiba  dari Tanjung Balai Karimun Batam dengan menggunakan KM Kelud, mencapai 2.426 orang.

Sedangkan arus mudik di Bandara KNIA terlihat meningkat sejak H-6, yakni mencapai 26 persen dibanding hari yang sama pada tahun sebelumnya.

Ads
“Bandara Kualanamu sejak pagi hingga siang hari ini, telah melayani 30 ribu penumpang. Pada tahun lalu, pada hari yang sama sekitar 22 ribu. Artinya dengan adanya pergerakan penumpang yang menggunakan moda pesawat udara, sisi positifnya bandara kita tentu sudah lebih baik,” ujar Erry.

Selain melakukan peninjauan aktivitas Bandara KNIA, Erry didampingi Kepala BNN Sumut juga menyempatkan diri melihat pemeriksaan tes urine bagi crew airline.

“Tes urine untuk memastikan pilot dan crew pesawat tidak menggunakan narkoba. Test urine juga dilakukan kepada petugas daratnya. Tujuannya untuk keselamatan penerbangan. Alhamdulillah, hingga hari ini, belum ada pilot dan crew pesawat yang terindikasi menggunakan narkoba dari hasil test urine,” sebut Erry.

Selain itu, Erry mengimbau Otoritas Bandara KNIA menerapkan pola dan strategis pelayanan agar calon penumpang tidak terlambat menaiki pesawat, terutama akibat ketatnya pintu pemeriksaan.

Sementara untuk Stasiun Kereta Api Bandara di KNIA, juga mengalami lonjakan penumpang. “Kita masih satu-satunya yang menikmati fasilitas Kereta Api Bandara di Indonesia,” sebut Erry.

Di akhir kunjungannya, Erry berpesan kepada petugas dan seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan. Tidak jarang terjadi tindak kriminal saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

Editor : Arif
Kategori : Umum, Gonews Group, Medan
www www