SERDANG BEDAGAI - Untuk menjadi bangsa yang hebat kita harus menjadi bangsa pembelajar, dimana setiap komponen bangsa ini harus terus menerus belajar, termasuk Kepsek dan para guru sebagai tenaga pendidik generasi bangsa yang mempersiapkan masa depan Indonesia umumnya dan Sergai khususnya.

Demikian disampaikan Bupati Sergai H. Soekirman didampingi Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik MM, Kabag Humasy Indah Dwi Kumala sesaat meninjau Uji Kompetensi para Kepsek dan Guru berprestasi bertempat di SMAN I Sei Rampah Sergai, Selasa (7/6/2016).

Uji Kompetensi ini, Kata Soekirman, ditujukan untuk bercermin, melihat potensi dan potret kemampuan diri kita masing-masing, sehingga dapat lebih meningkatkan kemampuan kita kearah yang lebih baik.

“Peta kompetensi tersebut dapat dijadikan dasar untuk merencanakan perbaikan sistem dan mekanisme pengangkatan, pembinaan dan peningkatan kompetensi Kepsek serta menyiapkan silabus dan bahan yang diperlukan dalam pendidikan”, pungkas Bupati.

Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik MM mengatakan, ujian kompetensi ini diikuti sebanyak 512 orang terdiri 506 Kepsek tingkat TK, SD, SMP dan SMA serta 6 orang guru berprestasi diantaranya, 2 orang guru SD, 2 orang guru SMP, 1 guru SMA dan 1 guru SMK.

“Ujian terbagi dua sesi yakni Ujian Kompetensi Guru (UKG) dan Psikotes dan diawasi oleh Konsultan SDM serta Tata Kelola Perusahaan TMC Medan,” ujar Joni.

Ditambahkan Joni, tujuan uji kompetensi ini untuk memetakan kompetensi dan kemampuan khususnya Kepsek dan guru berprestasi dilingkungan Disdik. Kompetensi ini dilakukan untuk menyiapkan kebijakan Pemda dalam menyongsong dan mempersiapkan SDM untuk menjadikan Kabupaten Sergai yang lebih baik lagi,” ujarnya. ***