Home >  Berita >  Umum

Panggung TokTan Sambut Ramadhan dengan Puisi dan Musik Islami

Panggung TokTan Sambut Ramadhan  dengan Puisi dan Musik Islami
Minggu, 05 Juni 2016 14:46 WIB

PEKANBARU - Acara Panggung TokTan pimpinan sastrawan A. Aris Abeba dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H, Sabtu malam (4/6) berlangsung khidmat dan lancar yang diisi dengan penampilan musik Melayu-Islam dan puisi Islami. Hadir dan memberikan sambutan Asisten I Setdaprov Riau, Ahmadsyah Harrofie, Kepala UPT Bandar Serai, Pul Sinamitra dan para sastrawan dan tokoh di antaranya Husnu Abadi, Fakhrunnas MA Jabbar, Ian Machyar, Murdock, Sarbaini Sulaiman dan Qori Islami. Tampak pula para generasi muda dari pengurus KNPI Riau dan organisasi pemuda lainnya.

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmadsyah Harrofie yang tampil di panggung diwawancarai Aris Abeba menyatakan kegiatan seni yang diprakarsai komunitas Panggung TokTan patut dipuji karena ikut menghidupkan dan memperkenalkan khasanah seni di Tanah Melayu Riau. Apalagi belum lama ini, Pemprov Riau mencanangkan program kepariwisataan ‘Riau Menyapa Dunia’ yang mempromosikan berbagai lokasi dan iven pariwisata Riau ke mancanegara.

“Masih banyak kekayaan seni-budaya Melayu Riau yang perlu dipromosikan ke mancanegara. Sebab, sebagian besar seni budaya tersebut memiliki kekhasan dan daya tarik bagi wisatawan dunia,” kata Ahmadsyah.

Sementara Kepala UPT Bandar Serai, Pul Sinamitra  mewakili Kadis Parekraf Riau, menyampaikan sebenarnya kegiatan ‘Riau Menyapa Dunia’ sudah dimulai sejak lama ketika para seniman Riau menampilkan kreativitas seni budaya di mancanegara. Disebutkan, sejumlah Tim Kesenian  Riau pernah tampil di negara-negara Eropa bahkan sampai ke Amerika Latin. Di antara pernah dilakukan Iwan Irawan Permadi bersama tim tari, A. Aris Abeba dan Pul Sinamitra bersama tim seni, Fakhrunnas MA Jabbar dan Ramon Damora di bidang sastra Melayu, Rida K. Liamsi dan sejumlah sastrawan di Korea Selatan dan masih banyak lagi.

Ads
Acara Panggung TokTan Menyambut Ramadhan dengan tema ‘Riau Menyapa Dunia lewat Puisi dan Seni Islami’ selain diisi dengan bual-bual seni juga menampilkan nyanyian dan music Melayu-Islami yang dibawakan Orkes Melayu dan Qasidahan ‘Annida’ pimpinan Firdaus MA Jabbar, Nasyid Majelis Taklim Ukhuwah Islamiyah Tenayan Raya dan pembacaan puisi oleh penyair senior, Husnu Abadi.

Dalam acara nyanyian turut didaulat oleh A. Aris Abeba untuk tampil, Ahmadsyah Harrofie, Fakhrunnas MA Jabbar, Ian Machyar, Sarbaini Sulaiman, Tengku Ima dan Qori Islami. Penyair Husnu Abadi membacakan puisi ‘Ramadhan’ karya Taufik Ismail yang memukau perasaan hadirin. ***

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : Umum, Gonews Group
www www