Home >  Berita >  Medan

Wakil Walikota Ingatkan Pedagang Harus Siap Hadapi Globalisasi

Wakil Walikota Ingatkan Pedagang Harus Siap Hadapi Globalisasi
Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution.
Minggu, 29 Mei 2016 15:28 WIB
Penulis: Adi Wasgo
MEDAN - Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengatakan, kuatnya arus modernisasi dan globalisasi saat ini mendesak kegiatan perekonomian lewat pasar tradisional yang selama ini menjadi pertahanan terakhir kegiatan ekonomi rakyat harus dipertahankan.

"Terbukti, munculnya pasar modern yang bersih, nyaman dan rapi serta menawarkan kelebihan dan pelayanan prima membuat pasar tradisional kehilangan daya saing. Karena itu, pedagang yang merupakan tulang punggung perekonomian harus menyiapkan diri bersaing dengan situasi sekarang ini," kata Kabag Humas Pemko Medan Budi Hariono kepada Gosumut.com, Minggu (29/5/2016) melalui sambungan telepon menyampaikan pesan Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi saat melantik pengurus Dewan Pimpinan Pusat Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (DPP P4B) periode 2016-2019 di Gedung Dharma Wanita Jalan Sei Rotan Medan.

Menurut Akhyar kata Budi, saat ini kondisi umum pasar di Kota Medan cukup memprihatinkan. Kesan kotor dan tidak nyaman. Sedangkan, harga barang yang ditawar di pasar modern tidak jauh berbeda dengan harga pasar tradisional. Bila harganya sebanding, maka masyarakat akan lebih ke pasar modern. Di situlah kelemahan pasar tradisional sekarang ini," ujarnya.

Untuk itu Pemko Medan berharap P4B dapat mengambil peran dan bersinergi dengan PD Pasar dalam rangka penataan pasar yang lebih baik kedepannya. "Organisasi pedagang dapat berkonsolidasi dengan pedagang yang telah banyak memberikan perhatian terhadap permasalahan yang dihadapi para pedagang," ucapnya.

Ads
Budi Hariono mengatakan, Wakil Walikota berharap kepada P4B agar dapat menjadi jembatan bagi para pedagang pasar dalam berbagai hal menyangkut pembenahan pasar ke depan. "Kami juga harus paham apa yang menjadi keluhan dari pedagang pasar serta sebaliknya pedagang pasar juga harus memahami setiap sosialisasi menyangkut pasar yang pemerintah buat," terangnya.

Atas dasar itulah Akhyar ingin mengajak kerjasama P4B terutama dalam menata pedagang di Kota Medan. “Itu yang sangat kami harapkan, sehingga kota yang kita cintai ini bisa lebih tertata dengan baik, lebih bersih, rapi, aman dan nyaman. Ini merupakan tujuan utama kita sebagai perwujudan Medan Rumah Kita,” pungkasnya. (Adi Wasgo)
Editor : Zul Anwar Ali Marbun
Kategori : Medan, Gonews Group, Pemerintahan, Umum
www www