Medan - Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Medan, Senin (16/5/2016).

Sejumlah SD yang dikunjungi antara lain SD Pertiwi Jalan Budi Pembangunan Kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat.

Sementara Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi meninjau UN di SD Sutomo I Jalan Jambi Kecamatan Medan Kota. Sedangkan Sekda Kota Ir Syaiful Bahri meninjau UN di SD Al Azhar/Internasional Jalan Pintu Air I kecamatan Medan Johor.

Dari data yang dihimpun GoSumut (GoNews Group), sebanyak 44.191 siswa SD baik negeri maupun swasta di Kota Medan mengikuti UN yang berlangsung selama 3 hari. Khusus di SD Pertiwi yang ditinjau Walikota Medan, siswa yang mengikuti UN sebanyak 225 orang dengan menggunakan 12 ruangan kelas. Di sela peninjauan, Walikota Dzulmi Eldin berpesan agar siswa tidak panik dan konsentrasi membaca soal dengan teliti sehingga apa yang dimaksud dalam soal dapat terjawab dengan baik. Pada UN hari pertama, mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, sedangkan hari kedua, Selasa (17/5) Matematika dan hari ketiga, Rabu (18/5) mata pelajaran IPA.

Eldin melihat, umumnya para siswa tampak siap menghadapi UN. Kesiapan itu diyakini karena mereka telah mempersiapkan diri dengan belajar secara mandiri maupun atas bimbingan guru. "Insya Allah pelaksanaan UN tingkat SD di Kota Medan tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, serta hasilnya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.(Adi)