SELATPANJANG - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau melakukan penanaman 4.000 bibit bakau di Dembe Kepulauan Meranti. Penanaman ini dalam upaya penyelamatan ekosistem perairan. Menurut Perry, Kabid Kelautan dan Pengawasan DKP Provinsi Riau, ekosistem pesisir itu sangat banyak. Diantaranya terumbu karang, dan mangrove. Kebetulan di Kepulauan Meranti, tambah Perry, ekosistem perairan saat ini memang telah rusak disebabkan abrasi.

"Daerah kita yang menonjol itu mngroove. Abrasi kita sangat besar, konsepnya kita menyelamatkan ekosistem perairan," ujar Perry ketika ditemui di Selatpanjang, Rabu (4/5/2016) lalu.

Untuk itu, guna memperkuat upaya penyelamatan ekosistem perairan selain menanam bibit bakau, DKP Riau juga memberikan pelatihan penangkaran pohon pelindung kepada puluhan warga di Desa Anaksetatah Rangsangbarat. Dalam pelatihan itu hadir narasumber dari program mitra bahari dr Agusnimar.

"Kalau ekosistem mangroove nya rusak, akan mengurangi hasil tangkapan nelayan kita. Makanya kita konsen pada penyelamatan ekosistem perairan itu," ujar Perry lagi. ***