DURI - Maraknya peredaran narkotika jenis daun ganja kering di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menjadi perhatian khusus Kepolisian Sektor (Polsek) Mandau. Tim Opsnal Polsek Mandau berhasil mengagalkan peredaran daun ganja kering, seberat 1,4 kilogram (kg), Selasa (23/2/2016) sekitar pukul 15.00 WIB, di Jalan Lintas Duri-Dumai kilometer 5,5 Desa Balai Makam, Kecamatan Mandau.

Awalnya Tim Opsnal Polsek Mandau mendapatkan informasi sering terjadi transaksi narkotika jenis daun ganja kering di daerah Kulim, Mandau. Setelah mengantongi ciri-ciri pelaku dan sepeda motor yang digunakan, tim melakukan pengintaian.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kapolsek Mandau, Kompol Taufiq Hidayat kepada GoRiau.com. Kemudian tim melihat pelaku menggunakan sepeda motornya melintas di Jalan Lintas Duri-Dumai dari Kota Duri menuju Kulim. Besar kemungkinan pelaku membawa daun ganja kering untuk diedarkan di daerah Kulim.

"Saat tim melihat pelaku melintas di depan sebuah hotel di jalan lintas, tim melakukan pengejaran dan tepatnya di Jalan Lintas Duri-Dumai kilometer 5,5 Kulim, tim berhasil mengamankan pelaku dan barang bukti narkotika jenis daun ganja kering yang dibungkus plastik warna hitam, tergantung disepeda motor yang digunakan pelaku," urai Kompol Taufiq.

Setelah ditangkap, pelaku berinisial BH (45) yang merupakan warga Dusun Perdamaian, Desa Buket Pal, Kecamatan Ranto Peurelak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pelaku juga mengakui bahwa sisa daun ganja kering miliknya masih ada di dalam lemari kamar tidur rumah pelaku.

"Tim pun melakukan penggeledahan di rumah pelaku dan mendapatkan 5 paket sedang dan 1 paket besar narkotika jenis daun ganja kering. Kemudian pelaku mengakui narkotika jenis daun ganja kering tersebut didapat dari Medan (Sumatera Utara) dengan cara menjemputnya langsung," terang Kompol Taufiq.

Masih dikatakannya, barang bukti lain yang diamankan, yaitu uang tunai Rp700 ribu, 1 unit sepeda motor BM 3589 EZ dan 1 unit timbangan. "Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolsek Mandau, guna penyelidikan lebih lanjut," tutupnya menjelaskan. ***