PADANG - Puluhan mahasiswa Kota Padang yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK), Selasa (9/2/2016) siang melakukan penggalangan dana untuk korban bencana alam yang terjadi sejumlah daerah di Sumbar.

Koordinator  HMI Cabang Padang, Ferdy mengatakan bahwa kegiatan penggalangan dana saat ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat korban bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Sumbar khususnya Kabupaten Solok Selatan.

"Penggalangan dana ini dimulai dari lingkup kampus hingga ruas jalan raya. Dana yang baru terkumpul saat ini berjumlah sekitar satu juta lima ratus ribu rupiah," katanya.

Dana yang telah terkumpul tersebut, rencananya akan disalurkan langsung kepada cabang HMI Kabupaten Solok Selatan. Sebab, HMI cabang Kabupaten Solok Selatan yang lebih mengetahui kondisi daerah tersebut, jelasnya.

Pelaksanaan penggalangan dana akan dilakukan hingga adanya informasi dari HMI cabang Kab. Solok Selatan. Apabila daerah tersebut masih membutuhkan bantuan dana, maka HMI cabang Padang akan kembali melanjutkan kegiatan tersebut, ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Koordinator dari FSLDK, Aidil bahwa penggalangan dana untuk korban bencana alam dilakukan secara serantak di setiap kampus dan beberapa titik lampu merah di Kota Padang.

Dana yang baru berhasil dikumpulkan di Simpang DPRD Sumbar saat ini berjumlah sekitar lima ratus ribu rupiah, dan uang yang telah terkumpul tersebut rencananya akan disalurkan langsung kepada tim relawan FSLDK yang ada di daerah yang mengalami bencana alam, katanya.

"Mahasiswa mengajak masyarakat Sumbar untuk dapat peduli terhadap warga yang menjadi korban bencana alam," harapnya. (agb)