JAKARTA - Arti liburan bagi sebagian besar wisatawan adalah berjemur di pantai atau tinggal di hotel modern. Tak ada yang salah dengan makna tersebut.  Tapi, mengapa tak mencoba hal baru yang di luar kebiasaan? Istilah populernya melakukan yang outside the box. Mulailah rencanakan liburan yang membuat Anda bisa lebih rileks dan bahagia.

Nah  2017 ini, bisa menjadi tahun awal dari tahun-tahun berikutnya untuk melakukan perjalanan kreatif. Asal tahu saja, banyak perjalanan unik yang  hanya butuh dana kurang dari perjalanan jalan-jalan ke pantai tadi.

Inilah 6 di antaranya:

1.Perjalanan sendiri atau solo trip . Liburan sendirian ini betul-betul khusus untuk diri sendiri, Pilih tujuan wisata yang paling disukai tapi diluar zona nyaman Anda ya. Nikmati sensasi rasa percaya diri bersama teman-teman baru yang Anda temukan di perjalanan tersebut.

2.Napak Tilas para leluhur, Tahukah Anda dari mana keluarga Anda berasal?  Dan perjalanan pun bisa kemana saja tergantung nenek moyang Anda berasal. Jika mungkin tanya kerabat tentang beberapa petunjuk daerah asal sebagai pegangan menuju ke sana sebelum pergi.

3.Melakukan perjalanan secara mendadak. Perjalanan tipe ini seringkali mengasyikkan. Salah satunya biayanya dapat ditekan serendah mungkin. Asal tahu saja tiket pesawat biasanya akan  murah di menit terakhir penerbangan.

4.Digital detox. Cobalah menjalani kehidupan tanpa telepon, tanpa komputer, dan tanpa televisi dalam beberapa hari untuk melihat apa pikiran kreatif yang Anda miliki. Situasi tersebut akan lebih mudah dinikmati  jika Anda berwisata ke tempat di mana pelayanannya tak memuaskan.

5.Perjalanan panjang. Sebuah perjalanan adalah cara utama untuk membersihkan kepala, membangun kepercayaan diri, bahkan mungkin mendapatkan gambaran yang lebih baik dari apa yang Anda ingin lakukan dengan hidup ini. Pertimbangkan Pacific Crest Trail di AS dan Camino de Santiago di Spanyol untuk pemula.

6. Homestay. Tidak ada cara yang lebih baik untuk memahami sebuah kota daripada menjalani hidup sehari-hari dengan penduduk setempat. Homestay atau tinggal bersama dengan penduduk setempat, itu adalah juga  salah satu cara mendapatkan rasa dari apa rasanya " hidup" di suatu tempat yang sama sekali baru.