BARCELONA - Barcelona akan mengumumkan secara resmi identitas pelatih baru pada 29 Mei 2017. Pengumuman ini hanya selang dua hari setelah The Blaugrana menyelesaikan laga final Copa del Rey melawan Alaves, akhir pekan ini.

Hal ini sebagaimana disampaikan Presiden Josep Maria Bartomeu. "Kami akan mengumumkan secara resmi pelatih baru pada 29 Mei," jelasnya seperti dikutip dari situs resmi Barcelona, Selasa (23/5/2017). 

Sejauh ini belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi Enrique. Namun sejumlah nama sudah dikaitkan dengan Los Blaugrana, yakni Ronald Koeman (Everton), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur), Jorge Sampaoli (Sevilla), Ernesto Valverde (Athletic Bilbao) dan Massimiliano Allegri (Juventus). 

Sekadar informasi, awal Maret lalu, penggemar Barcelona di seluruh dunia dibuat heboh mendengar keputusan Luis Enrique mengundurkan diri dari kursi kepelatihan pada akhir musim mendatang. Padahal saat itu Lionel Messi dkk baru saja menghajar Sporting Gijon.

Enrique saat itu mungkin tengah berada di bawah tekanan lantaran gagal memetik kemenangan selama berhadapan dengan Paris Saint Germain (PSG) di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Sehingga ia mengambil pilihan tersebut untuk meletakkan jabatannya sebagai pelatih.

Tapi Enrique mampu menuntaskan pekerjaannya di Liga Spanyol 2016/2017 dengan mengalahkan Eibar 4-2. Kemenangan itu masih belum cukup untuk menghentikan langkah Real Madrid merebut gelar di kompetisi domestik musim ini setelah di laga terakhir pasukan Zinedine Zidane menang 2-0 atas Malaga.