BARCELONA masih berada di puncak hingga Liga Spanyol 2016-2017 memasuki pekan 36 dengan koleksi 84 angka. Poin tersebut sama persis dengan Real Madrid yang berada di posisi dua. Namun, Blaugrana –julukan Barcelona– berhak berada di puncak klasemen karena unggul head-to-head atas Madrid. Meski demikian, saat ini kendali ada di tangan Madrid. Hal itu karena Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memiliki tabungan satu pertandingan kontra Celta Vigo. Jika Madrid mampu meraih tujuh angka dari tiga laga tersisa,tim asuhan Zinedine Zidane akan meraih trofi Liga Spanyol yang terakhir kali mereka gapai pada 2011-2012.

Terlepas dari persaingan keduanya, Barcelona dan Madrid sama-sama meraih hasil positif pada pekan 36. Barcelona menghancurkan Villarreal 4-1, sementara Madrid membungkam Granada 4-0 meski turun dengan mayoritas pemain lapis kedua.

Membunti Barcelona dan Madrid di posisi tiga ialah Atletico Madrid dengan koleksi 74 angka. Los Colchoneros –julukan Atletico– berhasil mengalahkan Eibar 1-0 pada pekan 36.

Sementara itu melengkapi posisi empat besar yang menggaransi tampil di playoff Liga Champions 2016-2017 ditempati Sevilla dengan 69 poin. Los Nervionenses –julukan Sevilla– gagal meraih kemenangan akhir pekan lalu setelah ditahan Real Sociedad 1-1.