SAITAMA - Timnas Jepang mengambil alih posisi puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia babak ketiga menyusul kemenangan komprehensif 4-0 atas Thailand di Saitama Stadium 2002 pada Selasa (28/3). Bintang Borussia Dortmund Shinji Kagawa menyumbang gol pembuka untuk Samurai Biru saat permainan baru berlangsung delapan menit. Tuan rumah kemudian menggandakan angka sekitar sepuluh menit berselang melalui aksi Shinji Okazaki, striker Leicester City.

Dua gol tambahan dari Yuya Kubo serta Maya Yoshida seusai turun istirahat mengesahkan kedigdayaan skuat Vahid Halilhodzic atas Thailand. Jepang kini memimpin grup dengan 16 poin dari tujuh laga, unggul tiga atas Arab Saudi yang baru bertanding pada Rabu tengah malam WIB melawan Irak.

Sementara, tempat ketiga Grup B diduduki Australia yang mengatasi perlawanan Uni Emirat Arab dua gol tanpa balas di Sydney Football Stadium. Gol dini Jackson Irvine (7’) disusul torehan Matthew Leckie 12 menit menjelang bubaran membawa Socceroos menyamai perolehan poin Arab Saudi, tapi mereka kalah selisih gol. Adapun hasil ini memantik pengunduran diri pelatih Mahdi Ali di kubu UEA, dengan peluang tim semakin tipis untuk menuju Rusia.

Di Grup A, Iran tetap kokoh bertengger di tangga teratas setelah menjinakkan Tiongkok. Sebiji gol Mehdi Taremi sudah cukup memastikan tiga angka penuh masuk kantong Team Melli.

Mengekor di belakang Iran dengan jarak empat poin adalah Korea Selatan. Taegeuk Warriors juga memetik kemenangan minimalis 1-0 saat menjamu Suriah di Seoul World Cup Stadium. Hong Jeong-ho tampil sebagai pahlawan Korsel melalui gol cepat pada menit keempat yang akhirnya menjadi penentu laga.

Keunggulan dengan skor identik dibukukan pula oleh Uzbekistan atas tamunya, Qatar, dalam pertandingan di Bunyodkor Stadium. Poin maksimal dipastikan menjadi milik Uzbekistan berkat aksi Odil Ahmedov pada pertengahan babak kedua. Dengan ini, Uzbekistan menghuni urutan ketiga Grup A berbekal 12 angka, terpaut lima dari Iran dan satu poin dari Korsel.

 Hasil lengkap PPD Asia