JAKARTA - Kolo Toure harus selalu dalam kondisi prima agar bisa terus tampil maksimal di lapangan. Namun keharusan menjaga kondisi tetap prima tak menghalangi bek Liverpool ini menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Bahkan, Kolo mengklaim puasa justru membuatnya dia kuat sebagai pesepak bola. "Anda pasti perlu disiplin. Bagi saya, lima hari pertama sulit, tapi setelah itu tubuh mulai beradaptasi dan Anda merasa benar-benar bahagia," kata Kolo kepada LiverpoolFC.com.

"Anda membersihkan tubuh Anda juga dan Anda merasa lebih kuat setelah Ramadan. Saya pikir itu menakjubkan bagaimana Ramada bisa membuat Anda benar-benar kuat."

Pemain asal Pantai Gading mengakui tidak mudah menjalankan puasa sebagai pesepak bola. Namun, puasa membuat kondisi psikologinya membuat lebih baik.

"Sulit, tapi pada saat yang sama saya merasa saya seperti jauh lebih kuat karena kondisi mental saya mengambil alih. Ini pasti sulit, tetapi ketika Anda percaya pada Tuhan, tak ada yang mustahil," tutur Toure.

Agar kondisinya tetap prima saat berpuasa, Kolo tidak sembarangan mengonsumsi makanan. "Ini sangat penting Anda makan makanan yang baik. Sangat penting makan makanan yang tepat Anda bisa mendapatkan badan Anda lebih berat atau Anda memiliki lebih sedikit makanan dalam tubuh Anda," paparnya.

"Itu sebabnya Anda perlu minum dengan sangat baik. Dengan dokter dan semua orang di klub, kami mencoba bekerja untuk hal itu. Mereka memberi saya hal yang saya dapat lakukan untuk membantu saya merasa lebih baik."

Tahun ini, Kolo Toure bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lebih leluasa. Sebab, kompetisi sedang libur. ***