MEDAN – Penggunaan smartphone di kehidupan sehari-hari sudah semakin berkembang, yang awalnya hanya untuk telepon dan SMS sekarang berkembang ke pemanfaatan yang lebih luas lagi mulai dari membaca berita, update di media sosial sampai belanja online, semuanya dapat dilakukan di smartphone. Melihat hal tersebut, BPJS Kesehatan mengajak seluruh mitra fasilitas kesehatan untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan pelayanannya kepada peserta JKN-KIS. Salah satunya, pengembangan antrian online pada Aplikasi Mobile JKN yang terhubung dengan fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Di Kota Medan saat ini, sudah ada fasilitas kesehatan yang memiliki sistem antrian online yang terhubung ke Aplikasi Mobile JKN, yakni Klinik Citra Medika yang berlokasi di Jl. Platina Raya No. 58F, Kelurahan Titipapan, Kecamatan Medan Marelan.

“Kebetulan baru minggu ini kita launching, jadi masih dalam tahap sosialisasi kepada peserta JKN yang ada di klinik. Untuk peserta yang datang ke klinik, kami akan arahkan untuk kunjungan di klinik dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk pengambilan antriannya,” ujar pemilik Klinik Citra Medika, Yudha saat ditemui tim Jamkesnews pada Selasa (14/01).

Ditambahkan Yudha, dengan adanya antrian online pada Aplikasi Mobile JKN dapat memberikan kepastian waktu layanan pada peserta JKN-KIS saat berkunjung ke fasilitas kesehatan ditambah pasien dapat mengambil antrian di mana saja dan kapan saja dan dapat mengontrol sendiri jam kunjungannya.

Untuk kunjungan pasien sendiri Yudha mengaku rata-rata ada 300 orang yang datang ke Klinik Citra Medika setiap harinya, artinya akan ada 300 orang yang merasakan kemudahan antrian online dari Aplikasi Mobile JKN. untuk itu Yudha mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mengunduh dan memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk kemudahan pelayanan Program JKN-KIS.

Selain mengajak masyarakat untuk mengundung Aplikasi Mobile JKN, Yudha juga mengajak setiap fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan kemudahan yang ada pada Aplikasi Mobile JKN dan menyosialisasikannya ke masyarakat yang berkunjung ke fasilitas kesehatan.