MOTAAIN - Aksi heroik dan mendebarkan dilakukan seorang bocah berambut ikal di sebuah lapangan di Motaain, wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste, Jumat (17/8/2018) pagi. Begini ceritanya, seperti dikutip dari grid.id. Pagi itu, semua peserta upacara peringatan HUT ke-73 RI sudah berkumpul di lapangan. Ketika pasukan pengibar bendera bersiap mengibarkan Bendera Merah Putih, tali yang terikat pada puncak tiang terlepas, sehingga bendera tak bisa dikibarkan.

Hanya ada satu cara agar upacara pengibaran bendera tetap bisa dilakukan, yakni dengan memanjat tiang bendera untuk mengaitkan kembali tali di puncaknya. Namun tindakan itu jelas sangat membahayakan, mengingat tiang benderanya kecil dan tinggi.

Ketika semua peserta upacara sedang kebingungan, tiba-tiba seorang siswa SMP berperawakan kecil dan brambut ikal, khas Atambua, maju ke tengah lapangan, kemudian dengan gagah berani memanjat tiang bendera.

Aksi heroiknya jelas mendapat banyak teriakan dari peserta upacara. Mereka khawatir akan terjadi kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan saat bocah itu nekat memanjat tiang.

Terdengar pula teriakan dari Wakil Bupati Belu yang menyuruh agar anak itu turun. Namun bocah kecil itu terus memanjat hingga setengah tiang sudah berhasil dia lewati.

Melihat tekad bocah itu, petugas upacara lain menghambur dan memegangi tiang agar lebih kokoh dan bisa dipanjat hingga ke puncak.

Berhasil! Anak itu sampai di puncak tiang disambut dengan teriakan dan tepuk tangan meriah dari semua peserta upacara.

Anak itu mengikat tali yang terlepas dan meluncur turun ke bawah. Banyak orang yang langsung berkerumun untuk memeluk si bocah kecil itu.

Berdasarkan pantauan dari video yang diunggah oleh pengguna Facebook Ika Silalahi, Ika sendiri mengungkapkan rasa terharunya.

Upacara berhasil dilanjutkan dan anak SMP tadi secara khusus diajak naik ke podium oleh pemimpin upacara.

Video yang diunggah Ika ini viral di Faceboo. ''Apapun yang terjadi Merah Putih harus tetap berkibar!! Dirgahayu negeriku,'' begitu kutipan Ika Silalahi dalam keterangan di videonya.***