JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat berbisik kepada anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pembawa baki, Ruth Cheline Eglesya Purba, saat upacara penurunan Bendera Merah Putih peringatan HUT ke-72 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis sore, 17 Agustus 2017. Tidak ada yang mengetahui kalimat apa yang dibisikkan Jokowi ke Ruth, hingga akhirnya Jokowi membuka rahasia tersebut melalui akun Facebooknya, Sabtu, 19 Mei 2017.

Jokowi mengatakan, bisikan itu bermula saat dirinya akan menerima bendera terlipat di atas sebuah baki yang dibawa Ruth.

Ketika Ruth mengangsurkan baki ke hadapannya, Jokowi ternyata lupa, harus mengangkat bakinya atau hanya bendera di atasnya.

''Saya benar-benar lupa,'' ujar Jokowi.

Saat itu, lanju Presiden, baki kuning sudah sempat dipegangnya. Beruntung posisi Ruth begitu dekat dengan dirinya, dan Jokowi pun berbisik, ''Ruth, ini yang diambil bendera atau bakinya?”

Mendengar pertanyaan sang Presiden, sambil berbisik Ruth membalas, “Bapak, hanya benderanya saja.”

Meski berada di dekatnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla, seperti dikatakan Jokowi, tak mendengarkan percakapan rahasia tersebut.

''Untung bisikan saya tidak ada yang dengar Pak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berdiri dekat saya pun tidak mendengarnya,'' katanya.

Jokowi pun menjelaskan, peristiwa itu terjadi karena dirinya tidak ikut gladi upacara penurunan bendera. ''Tapi, Alhamdulillah, upacara berjalan dengan baik,'' ujar Jokowi.

Ruth yang dipercaya membawa baki saat upacara penurunan bendera tersebut, merupakan siswi salah satu SMA di Binjai, Sumatera Utara.***