Sejarah Hari Ini: Pertempuran Gaza Pertama

Senin, 27 Maret 2017 14:48 WIB
GAZA - Satu dari tiga pertempuran Sekutu barat untuk mengalahkan pasukan Turki di seluruh kota Gaza, Palestina terjadi hari ini tahun 1917. Pada Januari, Sekutu berhasil mengusir pasukan Turki dari Sinai di Mesir. Wilayah diambil alih pasukan Inggris.

Mereka kemudian berencana bergerak di Palestina. Untuk melakukan itu, mereka harus berhadapan dengan posisi kuat Turki antara Gaza dan Beersheba.

Pasukan Turki ini dikomandoi oleh Jenderal Jerman, Friedrich Kress von Kressenstein dengan 18 ribu pasukan. Pada 26 Maret 1917, kedua pasukan bertempur untuk mencapai Gaza. Pasukan Inggris saat itu gagal mengalahkan pasukan Turki.

Mereka mencoba serangan kedua pada 17 April namun kembali gagal. Hingga akhirnya musim semi, pasukan Inggris, dibawah komando Sir Edmund Allenby berhasil mengambil alih Gaza, Yerusalem juga jatuh ke tangan sekutu pada 9 Desember 1917.

Camp David Accords, Perjanjian Pertama Israel dan Tetangga Arabnya.

Pada hari ini tahun 1979, kesepakatan damai Mesir dan Israel ditandatangani. Presiden Mesir Anwar el-Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin meresmikannya di Gedung Putih.

Kesepakatan tersebut mengakhiri permusuhan selama tiga dekade antara Mesir dan Israel. Kesepakatan juga awal dari hubungan diplomatik dan perdagangan keduanya.

Kurang dari dua tahun sebelumnya, Sadat mengunjungi Yerusalem untuk mengukur kemungkinan kesepakatan damai dengan tetangganya itu. Dalam kunjungan Sadat itu, ia bertemu Begin dan parlemen Israel.

Keputusan-keputusan Sadat yang mendekati Israel itu menuai kecaman dan ketidaksetujuan dari sekutu juga dunia Arab. Meski demikian, Sadat terus pada pendiriannya.

Pada September 1978, kedua pemimpin bertemu di AS untuk menegosiasikan kesepakatan damai bersama Presiden AS, Jimmy Carter. Dari sana, lahirlah Camp David Accords, perjanjian pertama Israel dan tetangga Arabnya.

Tujuh bulan setelahnya, perjanjian formal resmi ditandatangani. Atas pencapaian tersebut, Sadat dan Begin bersama meraih Hadiah Nobel untuk Perdamaian.

Meski demikian, upaya Sadat it tidak diakui negara Arab. Keanggotaan Mesir ditangguhkan dari Liga Arab. Pada 1981, ekstremis membunuh Sadat di Kairo. Meski tanpa Sadat, Mesir secara resmi mendirikan hubungan diplomatik dengan Israel.

Gempa Kalifornia Terasa Hingga Meksiko

Pada hari ini tahun 1872, gempa mengguncang Kalifornia dan menewaskan 30 orang. Gempa tersebut terasa hingga Meksiko dan Oregon. Meski gempa cukup kuat hanya sekitar 59 rumah yang hancur.

Gempa bahkan membuat tanah bergerak horizontal hingga tujuh kaki. Sejumlah bagunan publik dilaporkan mengalami kerusakan serius. Gempa ini merupakan salah satu yang terunik dan paling membuat warga terkejut.

Hingga dua bulan kemudian, tercatat ada ribuan guncangan susulan. Meski demikian, guncangan itu tidak mematikan.

Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww