PARA jomblo Anda tak perlu repot-repot mencari pacar agar tidak stres akibat diejek teman dekat. Lebih baik Anda langsung mencari pasangan untuk diajak menikah agar terhindar dari ancaman stres. Para peneliti membuktikan, seseorang yang menikah memiliki tingkat lebih rendah dari hormon stres kortisol, dibandingkan dengan mereka yang menunda untuk berumah tangga. Nantinya, bila Anda terlalu stres dapat meningkatkan risiko peradangan, yang mengembangkan banyak jenis penyakit.

"Hal ini menarik untuk menemukan jalur fisiologis yang dapat menjelaskan bagaimana hubungan kesehatan dan penyakit," kata salah satu peneliti Brian Chin dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, dikutip Zeenews, Sabtu (25/2/2017).

Selama tiga hari berturut-turut, para peneliti mengumpulkan sampel air liur dari 572 orang dewasa sehat berusia 21-55 tahun. Beberapa sampel yang diambil selama setiap periode 24 jam dan diuji untuk kadar kortisol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang menikah memiliki kadar kortisol lebih rendah daripada orang-orang yang tidak pernah menikah. Para peneliti juga membandingkan ritme kortisol harian setiap responden. Juga, mereka yang menikah menunjukkan penurunan risiko penyakit jantung.