Sebelum Berniat Memencet Jerawat, Pastikan Lakukan 5 Hal Ini

Sebelum Berniat Memencet Jerawat, Pastikan Lakukan 5 Hal Ini
Ilustrasi
Rabu, 15 Februari 2017 10:30 WIB
SEBAGIAN besar dokter kulit menyarankan untuk tidak memencet jerawat. Ya, hal ini tak hanya dapat menimbulkan bekas tetapi juga membuat bakteri lebih banyak masuk ke dalam kulit. Alih-alih jerawat menghilang, justru bertambah parah dan menimbulkan masalah baru di tempat yang sama.Namun, yang seringkali terjadi Anda tetap ingin mengeluarkan jerawat dengan cara memencetnya. Nah, jika ingin melakukannya Anda perlu mengetahui trik yang tepat. Berikut adalah trik meminimalisir kerusakan pada wajah akibat memencet jerawat seperti diungkapkan Dr. Rebecca Kazin, dermatologist sekaligus Direktur Asosiasi Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery Chevy Chase and John Hopkins.

Membersihkan tangan terlebih dulu

Hindari menyentuh wajah tanpa membersihkan tangan dengan sabun terlebih dulu, atau wajah Anda akan mengalami masalah. Tak terkecuali jika ingin memencet jerawat. Ya, tangan yang kotor dapat membawa bakteri dari jerawat ke bagian wajah yang lain sehingga menimbulkan kerusakan pada wajah, seperti timbul jerawat yang baru, kulit mengelupas, kasar, dan berbekas.

Ads
Pakai salep jerawat

Memencet jerawat dapat menimbulkan luka. Oleh karena itu, dr Rebecca menyarankan agar menggunakan salep jerawat yang mengandung antibiotik pada malam hari sehingga mempercepat proses penyembuhan. Aplikasikan dan biarkan wajah tanpa pulasan make-up untuk sementara. Namun, Anda tak perlu menggunakan salep secara terus-menerus karena kulit yang sedang dalam proses penyembuhan justru membutuhkan oksigen yang lebih banyak.

Jangan memencet berulang kali

Ketika sudah memencet jerawat, jangan memencetnya secara berulang. Memencet jerawat sekali sudah bisa menimbulkan bekas luka, apalagi memencetnya berulang kali.

"Jerawat dapat membengkak jika dipencet terus menerus," ujar dr. Rebecca, seperti dikutip Women'shealth, Rabu (15/2/2017).

Hindari menyentuh bekas jerawat

"Hal terpenting untuk mencegah bekas jerawat adalah tidak menyentuh bekas luka sesudahnya," kata dr. Rebecca. Dituturkannya, bekas luka memerlukan proses yang lama untuk regenerasi kulit. Selain itu, hal tersebut menimbulkan perubahan warna pada bekas luka.

Boleh memakai make-up sesudahnya

Lantas, bagaimana jika ingin menggunakan make-up sesudahnya? Dr. Rebecca menjelaskan tidak masalah mengaplikasikan make-up pada wajah. Namun, pastikan untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas. Bersihkan wajah pada pagi dan malam hari.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww