TIDAK semua gejala sakit dada sebagai tanda Anda kena serangan jantung. Bisa jadi, ini gejala penyakit yang lain. Apakah Anda selalu merasakan nyeri atau sakit di bagian dada ketika bangun tidur? Sakit dada selalu dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Tidak heran ketika banyak orang yang mengeluhkan nyeri di bagian dada ketika bangun tidur, mereka tentu merasakan takut. Memang tidak salah karena orang yang menderita penyakit jantung biasanya akan merasakan nyeri luar biasa pada dada. Namun, penting untuk Anda membedakan sakit dada biasa dengan sakit dada serangan jantung ketika bangun tidur.

Sakit dada adalah ciri serangan jantung

Siapa yang tidak khawatir jika mengalami serangan jantung? Penyakit ini dapat merenggut nyawa seseorang dengan tiba-tiba. Penting untuk diketahui bahwa penyakit jantung ternyata tidak selalu berkaitan dengan sakit dada ketika bangun tidur. Tidak selalu orang yang mengeluh nyeri di dada kemudian disebut menderita penyakit jantung, karena bisa saja orang tersebut menderita penyakit lain seperti asma, pneumothorax, atau yang lainnya. Berikut sakit dada yang menandakan serangan jantung.

• Dada terasa sesak dan berat sehingga sangat sulit untuk bernapas.

• Mengeluarkan keringat, perut terasa mual, dan timbul perasaan cemas. Kondisi ini biasanya muncul bersamaan dengan sesak napas sampai kesulitan saat bernapas.

• Rasa sakit yang menjalar. Leher terasa sakit, yang diikuti oleh rasa sakit pada lengan kiri dan rahang, di bagian belakang perut, dan juga terjadi pada salah satu bahu.

• Denyut jantung berdegup kencang atau lebih cepat dari biasanya. Di saat yang bersamaan, badan juga tiba-tiba merasa sangat lemas. Anda harus memperhatikan jika Anda mengalami gejala berbahaya seperti ini. Gejala ini bisa muncul kapan saja termasuk jika Anda sedang beristirahat atau ketika bangun tidur.

Otot-otot jantung akan mengalami kerusakan permanen setelah terjadi serangan jantung. Untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih banyak dan parah, segera konsultasi ke dokter jika Anda mengalami gejala serangan jantung.

Sakit dada yang bukan serangan jantung

Jika Anda saat ini sedang merasakan nyeri di bagian dada ketika bangun tidur. Tidak perlu cemas, tidak berarti sakit dada yang Anda rasakan menandakan bahwa Anda akan segera mengalami penyakit jantung. Bisa jadi Anda hanya mengalami hal berikut ini.

• Batuk. Apakah Anda sedang batuk Ketika Anda merasakan sakit pada dada ketika bangun tidur?. Batuk disebabkan adanya infeksi saluran pernafasan bagian atas oleh virus. Kemungkinan besar batuk ini yang membuat Anda merasakan sakit dada.

• Nyeri pada otot atau tulang dada. Jika Anda merasakan sakit dada ketika bangun tidur, bisa jadi hal ini disebabkan karena Anda melakukan kegiatan fisik yang berat. Hal ini dianggap wajar dan akan membaik jika Anda beristirahat.

• Tulang rusuk yang patah. Sakit dada yang dialami seseorang juga bisa terjadi karena adanya tulang rusuk yang patah oleh berbagai sebab seperti jatuh, berkelahi, atau yang lainnya.

• Pneumothorax. Hal ini terjadi karena adanya masalah pada paru-paru yang menyebabkan nyeri di dada sehingga mengakibatkan sesak napas.

• Pembekuan darah pada paru-paru. Kondisi ini disebut dengan emboli dan menyebabkan nyeri dada. Perlu penanganan dari dokter untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut.

• Penyakit tulang belakang. Anda pasti sudah pernah mendengar penyakit terjepitnya saraf tulang belakang. Hal tersebut bisa menyebabkan sakit dadayang sangat mengganggu.