JAKARTA - Pada Selasa (14/2/2017), personel kepolisian yang bertugas menjaga pencoblosan, mulai dikerahkan untuk mengecek tempat pemungutan suara (TPS). Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, hari ini anggota kepolisian melekat pada panitia pemungutan suara (PPS) yang akan mengecek kesiapan TPS.

 
"Mulai hari ini ada yang tadi jam 8 apel. Hari ini anggota bergeser ke TPS," kata Argo ketika dihubungi, Selasa.

Argo mengatakan, PPS di kelurahan akan mendistribusikan surat suara, bilik, kotak, dan perlengkapan lainnya ke TPS. Polisi diminta mengawal pendistribusian tersebut.

"Baru nanti sore mulai insert ke TPS bersama panitia pemungutan suara, dikawal. Ada 7 orang panitianya," ujar Argo.

Adapun Kabupaten Kepulaun Seribu sudah terlebih dahulu menerima surat dan kotak suara yakni pada Senin (13/2/2017).

Hal tersebut dikarenakan 39 TPS di sana lokasinya cukup jauh dan aksesnya cukup sulit. Pendistribusian Kepulauan Seribu didahulukan untuk menghindari keterlambatan.

Di wilayah hukum Polda Metro Jaya, lebih dari 28 ribu personel gabungan TNI dikerahkan untuk menjaga 23.315 TPS.

Selain mengamankan Pilkada DKI Jakarta 2017, Polda Metro Jaya mengamankan Pilkada Banten 2017 dan Pilkada Bekasi Kabupaten 2017.

Ada 13.023 TPS di Jakarta, 3.311 TPS di Kota Tangerang, 3.024 TPS di Tangerang Selatan, dan 3.958 TPS di Kabupaten Bekasi.

Sebanyak 22.872 TPS dinyatakan aman, sedangkan sisanya dikategorikan rawan. Selain itu, ada 26 TPS khusus di beberapa lembaga pemasyarakatan yang juga menjadi fokus kepolisian.