Tidak ada perasaan lain kecuali sedih tatkala melihat manusia uzur masih mencari nafkah. Apalagi jika mengetahui ada kakek atau nenek berdagang di jalanan lalu menjadi korban penipuan. Kondisi itu dialami oleh seorang kakek penjual donat di Ujung Baru, Rokan Hulu, Riau. Kakek itu harus pulang dengan menahan sedih lantaran ditipu dengan uang mainan.

Kisah sedih ini disampaikan oleh pengguna Facebook Hasanah Anna. Dia mengunggah cerita sang kakek pada 5 Februari lalu.

Cerita mengharukan ini dimulai ketika Sang kakek bertanya kepada anak Anna yang ingin kala itu membeli donat. " Nak, ini duit beneran apa gak ya?" tanya si kakek. Dalam unggahan Anna terlihat gambar uang bernilai Rp 100 ribu yang sudah lecek.

" Trus kakak bilang, gak kek ni duit mainan," tulis Anna.

Kok Ya Tega....?

Seketika, tangan si kakek bergetar. Raut muka kesedihan menghiasi wajah si kakek. " Ada orang tadi beli dengan duit ini, 10 ribu," jawab si kakek.

Anna dan keluarganya langsung bertanya berapa uang kembalian yang diberikan sang kakek. Sang kakek menjawab dengan suara parau.

" Yaa 90 ribu lah nak, wong dia beli cuma 10 ribu," kata si kakek. 

Anna mengaku sangat sedih mendengar cerita sang kakek. " Langsung gak tahan rasanya nahan air mata,, koq yaa tega kali manusia zaman sekarang... Astaghfirullah...," tulis Anna.

Doa Para Netizen

Unggahan tersebut menjadi viral. Sejak diunggah hingga hari ini, kisah si kakek telah mendapat 14 ribu likes, dibagikan sebanyak 8.318 kali, dan mendapat 8.153 komentar.

" Ya Allah dngan hti ini ey sya brdoa ya allah smoga yg menipu kakek ini dpat imbalan yg setimpal ya allaaaaah amin yarobbal alamiiiien," tulis pemilik akun Gembries Ae Lah.

" Tambahkan rizki si kakek ya ALLAH .....," tulis pemilik akun Yuni Puji Rahayu.

" Ya Allah....berilah rizki yg banyak kakek ini....gak tega lihatnya....," tulis pemilik akun Leli Solehatin.