Yuk Selami Bawah Laut Bunaken

Yuk Selami Bawah Laut Bunaken
Laut Bunaken
Rabu, 25 Januari 2017 13:00 WIB
Inilah dunia bawah laut yang indah di Sulawesi Utara, Bunaken. Mari menyelami keindahannya dan bertemu dengan berbagai ikan dan terumbu karangnya.Indonesia terkenal dengan destinasi wisata alam yang sangat indah, sehingga tidak kalau negeri ini mampu menarik hati para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata Indonesia yang terkenal karena keindahan alamnya adalah Wisata Laut Bunaken. Bunaken adalah sebuah pulau dengan luas 80,8 km persegi di Teluk Manado bagian utara, yang merupakan bagian dari kota Manado, Ibu Kota Sulawesi Utara, Indonesia. Wisata Bunaken ini ditemukan pada tahun 1975 dan dijadikan sebuah objek wisata andalan Sulawesi Utara.

Untuk sampai ke pulau ini tidak begitu sulit. Jika kita berangkat melalui jalur udara, dapat melakukan transit di Bandara Udara Internasional Sam Ratulangi yang ada di Manado. Sebab bandara ini terhubung dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Denpasar, Bali.

Dari Bandara Sam Ratulangi, kita melanjutkan perjalanan ke Kota Manado dengan menggunakan taksi. Kemudian dari kota Manado ke pulau Bunaken, perjalanan ditempuh dengan kapal yang ada di pelabuhan Manado menuju Marina Blue Banter dan Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas. Perjalan menggunakan kapal ini memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Bunaken terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang beraneka ragam. Dari terumbu karang, hingga berbagai macam spesies yang hidup dalam laut tersebut. Di sekitar pulau Bunaken ini juga terdapat sebuah taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasioanal Bunaken yang terkenal di dunia. Pada Taman Laut Bunaken terdapat 20 titik penyelaman dengan variasi yang berbeda. 12 titik di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. 12 Titik inilah yang paling sering dikunjungi penyelam untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Saat menyelam, para penyelam akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan yang menakjubkan. Karena di laut Bunaken terdapat sekitar 13 jenis terumbu karang yang menjulang terjal lurus ke bawah sedalam 25-50 meter. Selain itu, ada sekitar 91 spesies ikan berenang bebas yang pastinya menambah keindahan Taman Laut Bunaken.

Ikan-ikan tersebut antara lain, koi putih (Seriola rivoliana), gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelu) dan hypselosoma Pseudanthias), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira). Tidak hanya itu, disini juga banyak ditemukan moluska seperti ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), kima raksasa (Tridacna gigas), tunikates atau askidian dan masih banyak lagi.

Bagi yang ingin menyelam untuk melihat keindahan Taman Laut Bunaken tidak perlu bingung dan repot-repot membawa peralatan selam. Sebab, di sekitar sini juga banyak yang menyediakan alat-alat tersebut dengan harga terjangkau. Selain tersedianya peralatan selam, di sini juga tersedia tempat penginapan. Mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah per malamnya. 

Ads
Editor:sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww