Sadar atau Tidak, Inilah Kebiasaan Orang Indonesia Menyambut Tahun Baru

Sadar atau Tidak, Inilah Kebiasaan Orang Indonesia Menyambut Tahun Baru
Ilustrasi
Selasa, 27 Desember 2016 20:07 WIB
Penulis: Darma Putra

Tak terasa ya sebentar lagi kita akan segera menyambut tahun baru dan meninggalkan tahun yang lama. Malam tahun baru tentu akan terasa semakin seru kalau kita merayakannya bersama keluarga dan sahabat terlebih dengan pasangan kekasih kita. Biasanya berbagai acara di adakan untuk memeriahkan malam tahun baru dibuat masyarakat di penjuru dunia.

Namun sadar atau tidak, enam kebiasaan ini kerap dilakukan oleh orang Indonesia saat menyambut malam tahun baru. Apa saja? Simak berikut ini. 

1. Begadang Sambil Bakar-Bakaran

Mendengar kata tahun baru, pasti ada teman atau keluarga yang bertanya ‘mau bakar apa malam ini?’. Tentu tradisi bakar-bakaran saat malam tahun baru banyak di lakukan masyarakat terlebih di indonesia ini, apa jangan-jangan cuma di Indonesia ya ?

Ads
Biasanya tradisi bakar-bakaran ini di lakukan sekaligus menunggu jam tepat pergantian tahun baru. Biasanya juga bakar-bakaran ini di temani ayam, jagung atau makanan lainnya yang bisa di bakar. Asal jangan bakar rumah ya.

2. Konvoi Kendaraan

Di daerah ibukota mungkin sudah jarang di temui tradisi unik yang satu ini, di karenakan banyak dari ibukota pada saat malam tahun baru di isi dengan acara Car Free Day. Namun di beberapa daerah lain masih banyak yang melakukan konvoi kendaraan.

Banyak di antara kaum muda menjadikan konvoi kendaraan ini agenda wajib setiap malam tahun barunya. Biasanya mereka juga akan memasang knalpot bronk atau racing untuk kendaraannya. 

3. Nonton Konser Musik

Malam tahun baru juga pasti dimeriahkan dengan berbagai konser besar yang berlangsung di beberapa daerah untuk menghibur masyarakat hingga pergantian tahun tiba. Konser ini juga diramaikan oleh para musisi besar di Tanah air dan di siarkan Live di Stasiun televisi. Biasanya para kaum jomblo ngenes akan menghabiskan malam tahun baru untuk menonton konser, mana di TV.

4. Kembang Api

Setiap perayaan malam tahun baru, kembang api memang sangat identik dengan momen pergantian tahun baru. Hal tersebut memang sudah menjadi tradisi seluruh masyarakat di dunia. Bahkan, di setiap negara sudah memiliki kembang api khas negara mereka khusus untuk memeriahkan tahun baru. 

5. Meniup terompet Tahun Baru

Tradisi meniup terompet mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya suka meniup terompet saat malam tahun baru. Terutama ketika detik-detik pukul 23.59-00:00 pergantian tahun sudah berlangsung. Semuanya akan meniup terompet bergantian dan saling sahut menyahut. 

6. Belanja Diskon %

Kebiasaan ini nih yang paling mimin sendiri tunggu, yaitu Belanja Diskon Akhir tahun. Pada setiap pergantian tahun baru, semua mall dan pusat perbelanjaan saling berlomba lomba untuk memberikan diskon murah bagi barang yang mereka jual.

Tak ayal para pemburu barang pun berlimpah ruah memenuhi mall-mall di seluruh indonesia. Terlebih bagi mereka yang hobi berbelanja, tentunya momen ini akan sangat berharga bagi mereka. Diskon 50%, Diskon 99%.

Editor:Arif
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww