Peringatan Tsunami Efek dari Gempa Chili Tak Berdampak ke Indonesia

Peringatan Tsunami Efek dari Gempa Chili Tak Berdampak ke Indonesia
Gempa bumi 7,6 SR melanda Chile dan berpotensi tsunami pada Minggu (25/12). (REUTERS/Anthony Phelps)
Senin, 26 Desember 2016 10:19 WIB
JAKARTA - Usai gempa berkekuatan 7.6 SR mengguncang Chile selatan, Minggu (25/11), otoritas mencabut peringatan tsunami. Namun, ribuan warga telah mengungsi dari daerah pesisir. 

sebelumnya, gempa besar tersebut diprakirakan menimbulkan gelombang tsunami. Pemerintah Chile langsung mengeluarkan peringatan bagi mereka yang tinggal di radius 1000 kilometer dari pusat gempa, yakni sekitar 225 kilometer barat daya Puerto Montt.

Kepala Layanan Darurat Chile Ricardo Toro mengatakan petugas masih akan mengawasi kemungkinan adanya tsunami, dan terus mengulangi imbauan agar penduduk di wilayah Los Lagos untuk mengungsi. 

Imbauan itu membuat sebanyak 4000 orang meninggalkan wilayah Los Lagos dan memaksa mereka merayakan Natal di tempat pengungsian.


Kendati demikian, Toro menyebut belum ada laporan korban jiwa dalam gempa bumi itu.

Mengutip Reuters, gempa tersebut memiliki kedalaman 34.6 kilometer dan getarannya terasa hingga Bariloche, kota di barat daya Argentina.

Chile merupakan negara dengan produksi tambang terbesar di dunia, namun, gempa besar itu dilaporkan tidak menimbulkan kerusakan di tambang-tambang besar yang berada di sekitar kawasan gempa. Begitu juga dengan produksi minyak bumi. Tambang minyak bumi milik pemerintah Chile, ENAP, menyebut produksi mereka terus berjalan normal, usai gempa. 

Para nelayan yang kerap melaut di area Los Lagos pun dilaporkan selamat dan berhasil dievakuasi. 

Sementara, Alamiro Vera, pemiliki Hotel Cabanas yang berlokasi di dekat pusat gempa, menyebut guncangan memang terasa kuat, namun tidak ada kerusakan masif pada bangunan hotel.

“Banyak guncangan dan sangat kuat, tapi hanya itu, tidak ada kerusakan bangunan. Tidak ada rumah roboh,” kata Vera. “Tapi kejadiannya cukup menakutkan, banyak barang berjatuhan.”

Gempa bukan berita baru di Chile. Sejarah mencatat banyak gempa mematikan terjadi di Chile, termasuk gempa bumi berkekuatan 8.8 SR yang terjadi 2010 silam. Gempa tersebut memicu gelombang tsunami yang menghancurkan kota di pesisir selatan Chile.
Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:CNN Indonesia
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww