JAKARTA- Tren fashion biasanya berdasarkan yang digemari saat ini atau mengambil tren-tren fashion di ada tahun-tahun sebelumnya.

Di era digital saat ini, ketika informasi data dapat diakses siapapun, menjadikan tren fashion pun dapat diprediksi dengan cepat.

“Untuk memprediksi suatu tren khususnya di fashion, terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor politik, ekonomi, sosial dan teknologi. Berkiblat dari New York Fashion Week Spring Summer 2017, corak bunga-bunga kecil akan menjadi tren. Sedangkan dari penggunaan bahan, polyester dan cotton akan tetap dipakai.” ujar Su’ud Alwi, fashion business consultant di acara Inspirasi Wanita Volume ke-4 yang digelar Bukalapak dan Hijup di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Istafiana Candarini, Director Kami Idea, tren fashion 2017 akan bermain dari segi warna dan corak.

Dari segi warna, warna nature seperti olive, stone, dan lainnya akan menjadi favorit lagi.

Secara kontras, warna neon pun akan diprediksi juga menjadi warna yang akan mendominasi.

“Karena konsep alam adalah konsep utama yang kami bawa di koleksi Kami Idea, corak alam akan kami tampilkan pada koleksi kami di tahun depan, seperti contohnya corak sayap capung akan kami coba hadirkan.”

Berbeda dengan Istafiana Candarini, menurut Nasya Marissa, owner Allura, tren fashion 2017 akan kembali ke konsep classy dengan detail yang rumit.

Aksesoris yang bold dipadu dengan baju yang minimalis juga akan tetap menjadi favorit untuk tahun depan.

“Saya membangun Allura untuk menciptakan sentuhan vintage, dimana susunan bunga mendominasi. Allura memiliki visi untuk tidak mengikuti tren yang ada, akan tetapi menciptakan tren itu sendiri dengan gaya Allura.”

“Kami berharap dengan talkshow ini, para wanita akan terinspirasi untuk berkreasi dalam padu padanan berbusana di tahun depan,” ujar Evi Andarini, PR Manager Bukalapak.

Acara Inspirasi Wanita Volume ke-4 yang digelar Bukalapak dan Hijup di Jakarta, baru-baru ini mengangkat tema 'Tren Fashion 2017 : Inspirasi Untuk Berkreasi.

Acara ini diramaikan komunitas Hijup dan peserta umum yang ingin terinspirasi melalui prediksi tren fashion 2017.