Inilah Pertolongan Pertama Jika Anak Anda Tersengat Tawon. Perhatikan!

Inilah Pertolongan Pertama Jika Anak Anda Tersengat Tawon. Perhatikan!
sarang tawon (detik.com)
Kamis, 15 Desember 2016 09:52 WIB
JAKARTA - Saat anak rewel dan menangis karena disengat tawon, orang tua biasanya akan menjadi panik. Bagaimana pertolongan pertama yang perlu orang tua ketahui?Disampaikan oleh dr Eddy Karta, SpKK, saat tersengat tawon langkah awal yang perlu dilakukan adalah mencuci dan membilas area bengkak. Gunakan sabun dan air bersih saat mencuci, ini untuk meminimalkan kontak dengan sengat dan racunnya.

"Setelah itu kompres dingin atau es, ini bermanfaat untuk mengurangi perih dan gatal," ujar dokter spesialis kulit dan kelamin di Edmo Clinic Jakarta Selatan tersebut kepada detik Health.

Pada umumnya, kasus sengatan lebah dalam jumlah besar jarang terjadi sehingga tidak perlu pemberian tablet atau infus antivenom. dr Eddy menegaskan, langkah selanjutnya adalah memerhatikan kondisi lokal kulit. Jika area yang disengat jadi melepuh dan berair, maka sebaiknya diberikan kompres antiseptik.

Ketika muncul bentol atau bengkak setempat, maka sebaiknya diberikan krim antiradang dan pelembab anti-iritasi. Namun perhatikan, apabila kemudian justru timbul luka, maka kemungkinan pasien perlu diberikan salep antibiotik.

"Pemberian obat misalnya steroid untuk menurunkan reaksi radang kadang diperlukan, namun harus di bawah pengawasan dokter," pesan dr Eddy.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww