Lamaknyo Lapek Sarikayo, Begini Cara Membuatnya

Lamaknyo Lapek Sarikayo, Begini Cara Membuatnya
(republika.co.id)
Minggu, 11 Desember 2016 19:52 WIB
JAKARTA - Sumatera Barat sangat kaya dengan kuliner. Salah satu jenis kuliner dari Tanah Minang yang sangat lezat adalah lapek sarikayo. Makanan gurih berpadu manis ini mungkin sulit ditemukan di luar Sumbar. Tapi jangan khawatir, karena tidak sulit membuatnya.

Dikutip dari republika.co.id, Puspa Kemala, salah satu pembuat lapek sarikayo di Jakarta, membagi resepnya ketika ditemui di Festival Jajanan Minang, Minggu (11/12), di Lapangan Banteng Jakarta. Dia mengatakan, untuk membuat penganan khas Sungayang, Tanah Datar itu, dibutuhkan ketan, gula merah, santan, sedikit garam. Sedangkan membuat sarikayonya dibutuhkan telur ayam atau telur bebek, santan dan gula merah.

Untuk membuat lapek atau ketan kukusnya, siapkan ketan putih dengan kualitas yang bagus. Kemudian rendam ketan di dalam air. "Kunci lapeknya lembut itu karena beras ketannya kita rendam sampai mekar," kata Mala.

Setelah itu tambahkan santan dan masak hingga santan habis. Perbandingannya kira-kira seperempat kilogram beras ketan dimasak dengan 400 hingga 500 mili santan encer. Jangan lupa kasih sedikit garam dan rebus dengan daun pandan.

Ads
Selanjutnya, Mala mengatakan, ketan dibungkus dengan daun pisang kepok dan diikat dengan pelepahnya. Kukus hingga matang.

Sementara untuk sarikayo atau sarikaya bahannya sama dengan membuat sarikaya pada umumnya. Gunakan telur ayam atau bebek yang campur dengan santan yang agak kental, sedikit garam dan gula merah. Untuk yang satu ini, Mala menggunakan gula aren. "Setelah itu kukus hingga matang," katanya.***
Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww