JAKARTA - Direkrorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa pengalihan arus di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, sehubungan dengan rencana aksi 'Bela Islam Jilid III' pada 2 Desember mendatang. Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pengalihan arus tersebut sifatnya situasional.

" Kami mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas dalam rangka menciptakan dan membangun kamseltibcar lantas yang dinamis sehingga seluruh aktivitas pengguna jalan bisa berjalan dengan lancar," terang Budiyanto dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (30/11/2016).

Pengalihan arus dilakukan mana kala situasi lalu lintas di kawasan Monas sudah tidak dimungkinkan karena kepadatan massa. Polri memperkirakan sekitar 200 ribu orang yang akan ikut aksi tersebut.

Selain pengalihan arus di sekitar Monas, juga dilakukan di kawasan Sudirman-Thamrin, mengingat massa akan melintasi jalur protokol untuk menuju ke Monas pada pagi hari.

Aksi dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai salat Jumat pukul 13.00 WIB.

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas sebagaimana disampaikan Budiyanto:

1. Arus lalu lintas dari Hayam Wuruk menuju Meda Merdeka Barat dialihkan ke kiri ke Jl Juanda-Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng-Medan Merdeka Timur-Tugu Tani dan seterusnya.

2. Arus lalu lintas dari Lapangan Banteng menuju Jl Veteran dialihkan ke Jl Pos.

3. Arus ll dari Gunung Sahari menuju ke Jl Dr Sutoyo diluruskan ke Jl Senen Raya.

4. Arus ll dari Senen Raya dialihkan ke Jl Budi Utomo, diluruskan ke Jl Gunung Sahari.

5. Arus dari Jl Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jl Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira-Pasar Baru-Jl Gunung Sahari dan seterusnya.

6. Arus lalu lintas yang datang dari arah Simpang Lima Senen menuju RSPAD diluruskan ke Jl Senin Raya-Jl Wahidin-Jl Gunung Sahari dan seterusnya.

7. Arus yang datang dari Jl Cikini Raya menuju Jl Ridwan Rais dialihkan ke kanan ke Jl Kwitang Raya dan dari Kebon Sirih diluruskan ke Jl Kwitang Raya.

8. Arus lalin dari Jl Sudirman menuju ke Jl Medan Merdeka Barat dialihkan ke Kebon Surih-Tugu Tani dan seterusnya atau ke Tanah Abang-Jl Abdul Muis-Harmoni dan seterusnya.

9. Arus lalin dari Jl Abdul Muis diluruskan ke Harmoni maupun ke Jl Fahrudin dan seterusnya.

10. Arus Lalin yang datang dari arah Jl Abdul Muis menuju Jl Musium Gajah Masa diluruskan ke Jl Fahrudin.