Gempa Besar Fukushima, Tsunami Hampir 1 Meter Mulai Muncul

Gempa Besar Fukushima, Tsunami Hampir 1 Meter Mulai Muncul
Gempa besar melawan kawasan pantai di dekat Fukushima Jepang, hari ini (22/11/2016). Peringatan tsunami 3 meter telah dilkeluarkan. Foto / REUTERS / Toru Hanai
Selasa, 22 November 2016 11:03 WIB
FUKUSHIMA - Gempa bumi berkekuatan 7,3 magnitudo melanda kawasan pantai di dekat Fukushima, Jepang timur, hari ini (22/11/2016). Tak lama setelah Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengeluarkan peringatan potensi besar, gelombang tsunami setinggi 3 kaki atau hampir 1 meter mulai muncul di Soma.Di pelabuhan Onahama, Fukushima, tsunami setinggi 2 kaki atau 0,6 meter juga mulai muncul. Tremor dari gempa besar di dekat Fukushima juga dirasakan warga di Tokyo.
Warga Jepang, khususnya di kawasan pantai Fukushima telah diperingatkan JMA untuk segera mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

Mengutip laporan kantor berita NHK, dua gempa susulan seperti dilaporkan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) telah terjadi, yakni berkekuatan 5,4 magnitudo dan 4,8 magnitudo. 

Media Jepang itu juga menyebut bahwa gelombang tsunami sudah mulai muncul di lokasi yang terletak 22 kilometer dari lepas pantai Iwaki, Prefektur Fukushima. Namun, ketinggian gelombang tsunami tidak dirinci.

Lembaga penyiaran publik Jepang tersebut juga memperingatkan warga Jepang untuk menyelamatkan diri. ”Tolong jangan berpikir bahwa Anda aman. Silakan mengungsi ke dataran yang tinggi,” bunyi siaran NHK. ”Silakan berpikir tentang skenario terburuk dan evakuasi diri segera.”

Prefektur Fukushima adalah lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir yang hancur pada tahun 2011 akibat gempa dan tsunami besar. Dalam gempa kali ini, belum ada laporan tentang kerusakan maupun korban jiwa. 

Pihak Tokyo Electric Power Co (Tepco) yang mengelola reaktor nuklir Fukushima saat ini sedang memeriksa pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan akibat gempa. 

loading...
Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww