Hah... Lama Terbengkalai, Kapal Pesiar Kepresidenan AS Hanya Dijual Seharga Rp 0

Hah... Lama Terbengkalai, Kapal Pesiar Kepresidenan AS Hanya Dijual Seharga Rp 0
Kapal layar pesiar kepresidenan Amerika Serikat terakhir, Sequoia.
Rabu, 16 November 2016 12:04 WIB
WASHINGTON - Yacht atau kapal layar pesiar kepresidenan Amerika Serikat terakhir, Sequoia, terjual dengan harga US$ 0 alias nol rupiah.Penjualan itu terjadi setelah grup investasi memenangkan pertikaian panjang di pengadilan atas kapal pesiar yang merupakan salah satu landmark bersejarah, demikian seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (15/11/2016).

Presiden AS dari mulai Herber Hoover hingga Jimmy Carter pernah menjamu para diplomat di kapal bersejarah itu. Atau menggunakannya hanya untuk kabur dari Oval Office. Namun, Carter menjualnya dalam sebuah lelang pada tahun 1977 dengan harga US$ 286 ribu.

Kapal bersejarah itu silih berganti pemilik. Terakhir digunakan untuk menggelar pesta di atas sungai Potomac dari pelabuhannya di Washington DC. Pemiliknya menyewakan yacht seharga US$10 ribu untuk empat jam pemakaian ditambah makanan dan minuman.

Ads
Namun, beberapa tahun terakhir saksi sejarah itu bermuara di dermaga kapal di Deltaville, Virginia, terbengkalai.

Hakim dari Delaware, Sam Glasscock menunjuk FE Partners-- perusahaan investasi yang dibentuk oleh Equator Capital Group dan anggota dari keluarga tajir India-- untuk memiliki Sequoia dengan harga Rp 0.

"Sequoia, yacht kayu yang tua dan rapuh, kini terbengkalai di perairan pantai Chesapeake, rusak, dan kini menjadi rumah bagi para rakun," kata Glasscock.

Keputusan pengadilan itu berasal dari sengketa yang melibatkan pinjaman sebesar US$ 7,5 juta dari FE Partner kepada pemilik perahu, Sequoia Presiden Yacht Group LLC, yang dipimpin oleh pengacara Washington dan pengusaha Gary Silversmith.

Perjanjian tersebut memberikan hak kepada FE Partner untuk melakukan opsi pembelian kapal pesiar dengan harga US$ 7,8 juta jika pinjaman gagal dikembalikan

Setelah sengketa panjang di mana Sequoia mencoba untuk menghentikan FE Parnters melaksanakan opsi pembelian, hakim menemukan ada kejanggalan dan akhirnya mengurangi harga hingga nol setelah dikurangi untuk biaya perbaikan, termasuk mengganti lambung, dan kewajiban lainnya.

Hakim menolak anggapan Silversmith yang mengatakan biaya perbaikan hanya sekitar US$ 310.000 untuk mengatasi masalah yang diuraikan Coast Guard agar Sequoia mengambang lagi.

"Hari ini pengadilan memutuskan bahwa pemberi pinjaman dapat membeli Sequoia dengan tawaran kredit yang pada dasarnya memungkinkan mereka untuk tidak membayar uang tambahan ," kata Silversmith. "Tentu saja kami kecewa. Kami tetap siap, bersedia dan mampu untuk melunasi pinjaman secara penuh tapi sayangnya kami tak mendapatkannya. "

Pengacara FE Partners Richard Graf mengatakan, "FE Partners berkomitmen untuk memulihkan dan melestarikan Sequoia bekerja sama dengan US Coast Guard sehingga generasi masa depan Amerika akan dapat menikmati masa keemasan kapal pesiar megah ini." (lpc)

Editor:wawan k
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww