Trump Raih 264 Electoral Vote, Kurang 6 Lagi untuk Jadi Presiden AS

Trump Raih 264 Electoral Vote, Kurang 6 Lagi untuk Jadi Presiden AS
Donald Trump
Rabu, 09 November 2016 14:49 WIB
WASHINGTON - Kemenangan calon presiden (capres) Amerika Serikat Donald Trump sudah di depan mata. Miliarder AS itu telah meraih kemenangan di Pennsylvania, salah satu negara bagian krusial yang harus dimenangkan Trump jika ingin menjadi pemenang pilpres.

Menurut Washington Post, Rabu (9/11/2016) sejauh ini Trump telah meraih 264 electoral vote, sedangkan Hillary Clinton meraih 215 electoral vote.Dengan perolehan ini, berarti Trump hanya membutuhkan enam electoral vote dari 270 electoral vote yang harus diraih Trump untuk memenangkan pilpres.

Pennsylvania merupakan satu di antara empat negara bagian krusial -- Ohio, North Carolina, Florida dan Pennsylvania -- yang harus dimenangkan Trump dalam pilpres ini. North Carolina, Florida dan Ohio juga telah dimenangkan Trump.

Baca: Inilah Bisnis-bisnis Donald Trump di Indonesia

Di Pennsylvania, Trump menang dengan meraih 48,9 persen suara, unggul tipis dari Hillary yang meraup 47,6 persen suara. Pennsylvania memiliki 20 electoral vote.

Dalam sistem pemilu AS dikenal istilah electoral college yang merupakan kumpulan individu (disebut elector) yang nantinya akan memiliki kewenangan untuk memilih presiden. Jadi ketika di hari pemungutan suara seorang warga AS memilih capres A, secara teknis sebenarnya dia sedang memilih elector yang akan dia pasrahi untuk memilih A di sidang electoral college.

Pemberian suara oleh warga disebut popular vote, sementara pemberian suara oleh elector disebut electoral vote. Setiap negara bagian memiliki jumlah electoral vote tertentu, berdasarkan jumlah populasi, dan siapapun yang memenangkan popular vote di sebuah negara bagian berarti juga memenangkan electoral vote. 

loading...
Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww