Ingin Bebas dari Utang? Coba Tempuh 4 Langkah Ini

Ingin Bebas dari Utang? Coba Tempuh 4 Langkah Ini
Ilustrasi. (int)
Minggu, 04 September 2016 13:43 WIB
JAKARTA - Terlilit utang pasti membuat hidup tidak nyaman. Bila ingin hidup tenang, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah membebaskan diri dari belitan utang.

Salah satu penyebab utang adalah gaya hidup yang tidak sesuai dengan kemampuan atau penghasilan yang tidak seimbang dengan pengeluaran.

Jika saat ini Anda terjerat utang dan ingin terbebas darinya, berikut ini langkah cerdas dan tepat yang perlu Anda lakukan.

loading...
Ubah Pola Hidup

Ads
Jika kamu ingin semua hutang kamu segera lunas, hal yang pertama kali kamu lakukan adalah ubah pola hidup kamu. Jika selama ini kamu mementingkan keinginan daripada kebutuhan segera ubah hal ini. Hidup sesuai dengan penghasilan kamu. Karena selalu menuruti gaya hidup, berapa pun pendapatanmu tidak akan cukup.

Tentukan Deadline

Jika kamu sudah terlanjur memiliki utang maka yang perlu kamu lakukan adalah beri deadline kapan kamu akan melunasinya. Jika perlu tunda dulu apa yang kamu inginkan. Hal ini penting agar utang segera terlunasi dan kamu lebih tenang. Buat target kapan kamu akan menyelesaikan, dan sesuaikan berapa uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya.

Manfaatkan Bonus

Jika kamu memiliki hutang untuk sementara jangan gunakan bonus kamu untuk bersenang-senang. Manfaatkan bonus kamu untuk melunasi hutang yang kamu miliki. Ingat bebas dari utang akan membuat hidup kamu lebih tenang.

Hemat

Untuk sementara kurangi waktu bersenang-senang. Mulai batasi waktu untuk menghabiskan waktu yang tidak produktif seperti nongkrong bersama teman. Jika perlu lakukan penghematan dengan membawa bekal dari rumah dan hindari membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

Demikianlah 4 langkah yang harus kamu lakukan agar terhindar dari utang. Selamat mencoba.***
Editor:sanbas
Sumber:vemale.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww