Sempat Hilang dari Radar, Pesawat Air Algerie Boeing 737-600 Mendarat dengan Selamat

Sempat Hilang dari Radar, Pesawat Air Algerie Boeing 737-600 Mendarat dengan Selamat
(metrotvnews)
Minggu, 07 Agustus 2016 19:19 WIB
ALJIER - Sebuah pesawat komersial memicu kekhawatiran setelah sempat mendeklarasikan status darurat di tengah penerbangan dan juga menghilang dari radar, sebelum akhirnya mendarat dengan selamat.

Pesawat Air Algerie bertipe Boeing 737-600 lepas landas dari Algiers menuju Marseille pada Sabtu (6/8/2016). Pilot pesawat mengeluarkan panggilan darurat beberapa saat kemudian. 

Data penerbangan memperlihatkan pesawat itu berputar arah dan kembali ke titik lepas landas. Sebelum tiba di tujuan, pesawat itu menghilang dari radar dan memicu kekhawatiran selama lebih kurang satu jam. 

Situs pemantau penerbangan Flight Radar 24 menuliskan status pesawat tersebut "tidak diketahui," namun menegaskan bukan karena terjadinya kecelakaan. 

Ads
Setelah diselidiki, ternyata ADS-B - sebuah sistem dimana navigasi satelit digunakan untuk menentukan posisi pesawat - memiliki jangkauan terbatas di area tempat pesawat itu "menghilang."

"Kami meyakini (kasus hilangnya) Air Algerie AH1020 adalah sebuah masalah jangkauan sinyal, bukan pesawat hilang. Jangkauan sinyal ADS-B kami di wilayah Aljazair terbatas," tutur Flight Radar 24, seperti dilansir Mirror.co.uk. 

Selang beberapa waktu, media lokal Aljazair mengumumkan AH1020 telah mendarat dengan selamat di Algiers. Pesawat dilaporkan mengalami kerusakan teknis saat terbang ribuan kilometer di udara. 

Peristiwa terbaru terjadi beberapa hari setelah sebuah pesawat maskapai Emirates mendarat dengan keras di Dubai, Uni Emirat Arab. Tidak ada penumpang maupun kru yang terluka meski pesawat terbakar setelah tergelincir di landasan pacu. 

Namun seorang petugas kebakaran meninggal dunia saat berusaha memadamkan api dari badan pesawat.***
Editor:sanbas
Sumber:metrotvnews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww